Foto: Tribunnews

Peringatan BMKG Terkait Gelombang Tinggi Hingga Potensi Kebakaran Hutan

Ceknricek.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini di sejumlah provinsi di Indonesia hari ini, Selasa (13/8).

Berikut rangkuman peringatan dini dilansir laman resmi BMKG, Selasa (13/8).

1. Waspada hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Aceh bagian Tengah, Aceh bagian Tenggara, dan sekitarnya.

2. Perlu diwaspadai tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan.

3. Waspada gelombang tinggi 0.5 - 2.5 M di Perairan Bengkulu - Enggano dan 2.5 - 3.0 M di Samudera Hindia Barat Bengkulu.

4. Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Prov. Jambi.

5. Waspada peningkatan suhu udara dan penurunan kelembaban udara dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan di wilayah Kalimantan Barat.

6. Waspada potensi terjadinya kebakaran hutan/lahan di wilayah Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Lauy, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Utara dan sekitarnya.

Baca Juga: Hutan Gunung Ciremai Terbakar, 4 Jalur Pendakian Ditutup

7. Tinggi gelombang dapat mencapai 2.5 - 4.0 meter di Perairan Barat Lampung dan Samudera Hindia Barat Lampung

8. Waspada angin kencang >30km/jam berpotensi terjadi di wilayah Kab. : Buru, Maluku Tenggara, Kep. Tanimbar, Kep. Aru dan Maluku Barat Daya.

9. Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di Laut Sawu dan wilayah Perairan NTT bagian Selatan hingga Barat potensi angin kencang di wilayah P. Timor, P. Sabu, P. Rote, dan sebagian P. Sumba potensi kebakaran lahan di wilayah NTT.

10. Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan Perairan Kep. Sabalana, Perairan Kep. Selayar, dan Teluk Bone bagian selatan Rough Sea (Gel 2.5 - 4 m) terjadi di Laut Flores.

11. Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada Siang dan Malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

12. Waspada potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait