Foto: Youtube

Platform Online NovelMe Berupaya Meningkatkan Taraf Hidup Penulis

Ceknricek.com -- Minat baca yang tinggi membuat perkembangan aplikasi NovelMe meningkat pesat dalam kurun waktu setahun. Ratusan ribu pembaca tercatat menjadi penikmat novel-novel seperti My Superhero, Mendadak Nikah, My Secret Love, Bad in Fairy, Suami Negeri Dongeng. Pilihan genre yang semakin lengkap memanjakan imajinasi pembaca, mulai dari romance, fantasi, petualangan, action.

“Pembaca mungkin tidak tahu betapa sulitnya menerbitkan novel di Indonesia. Setiap tahun hanya di bawah 10 persen dari naskah yang masuk sempat diterbitkan dan dicetak, karena harus melalui proses antrean yang panjang,” kata Editor NovelMe, Andrei, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (16/9). 

Sebetulnya karya-karya yang diminati seperti Mendadak Nikah, My Superhero, Bad In Fairy, My Secrte Love, Suami Negeri Dongeng, layak untuk diterbitkan dan dicetak. Namun sekarang ini permintaan terhadap cetakan buku menurun, sehingga untuk cetakan pertama novel hanya dicetak antara 2000-3000 exemplar, bisa juga kurang dari itu. 

“Jika harga buku sekitar 50 persen dan royalty pengarang hanya 10 persen bisa dibayangkan begitu kecilnya royalty yang diterima pengarang, karena sebagai uang muka di awal hanya menerima 25 persen dari total royalty lalu harus menunggu setiap 6 bulan untuk melihat hasil penjualan,” jelasnya. 

Baca Juga: Inovasi Terbaru Latih Komunitas UMKM Berbisnis di Platform Digital

Ada juga penerbit yang juga tidak memberikan di awal, tetapi setelah buku terjual. Bisa dibayangkan bagaimana nasib penulis. Belum lagi proses penulisan hingga penerbitan yang memakan waktu sekitar 1 tahun. Jarang sekali penulis yang mendapatkan penghasilan bulanan. 

“Dengan platform novel online NovelMe, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis mereka. Namun kami menganggap ini pun masih tidak sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan. Itulah sebabnya kami menetapkan bab berbayar. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan penghasilan tambahan kepada para penulis,” tambah Andrei.

Sebagai platform digital ini bukan tujuan untuk mencari keuntungan semata, tetapi ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia. Penulis harus dapat memiliki penghasilan tetap. 

NovelMe juga meluncurkan program tunjangan bulanan sebesar Rp 400.000 bagi penulis yang konsisten menulis setiap hari selama 30 hari. Namun hal ini pun masih tidak sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan. Itulah sebabnya NovelMe menetapkan bab berbayar.

“Sebagai platform digital, mencari keuntungan semata bukan tujuan kami. Model bisnis ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia. Penulis harus dapat memiliki penghasilan tetap. Kami ingin menjadi naungan bagi para penulis yang ingin berkarya sekaligus memiliki penghasilan. Dengan memiliki penghasilan seperti ini, para penulis dapat terus produktif dan kerja keras mereka dihargai,” tutup Andrei.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  



Berita Terkait