Foto: Merdeka

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Surakarta

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Surakarta, Rabu (2/10).

Menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekira pukul 08.00 WIB, dan tiba di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, pukul 08.55 WIB.

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional 2019
Foto: Setkab

Acara puncak Peringatan Hari Batik Nasional 2019 yang dipusatkan di Kota Surakarta itu, digelar oleh Yayasan Batik Indonesia. Peringatan Hari Batik Nasional tahun ini mengangkat tema "Membatik untuk Negeri" dan melibatkan ratusan pembatik tradisional Indonesia.

Pada kesempatan itu Jokowi mengajak masyarakat untuk menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia dengan lebih mengenalkan batik kepada masyarakat luas.

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional 2019
Foto: Setkab

"Melalui peringatan batik kita buka kembali komitmen terhadap batik Indonesia," ujar Jokowi di Istana Mangkunegaran Surakarta, Rabu (2/10).

Baca Juga: Wapres JK Intruksikan Kenakan Batik Saat Pembukaan SMU PBB ke-74.

Presiden Jokowi menambahkan, sudah menjadi tugas bersama, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk menjaga dan menciptakan karya adi luhung bangsa tersebut.

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional 2019
Foto: Setkab

"Sejak 10  tahun lalu Unesco menjadikan batik sebagai warisan budaya asal Indonesia. Dibutuhkan komitmen seluruh pihak untuk mempertahankan penetapan dari Unesco ini," kata Jokowi.

Saat ini batik sudah makin berkembang di dalam negeri, terlihat dari pertumbuhan pengrajin batik, makin masifnya batik digunakan oleh masyarakat, dan makin aktifnya batik tampil di panggung fashion dunia.

"Generasi muda yang juga makin sigap melestarikan batik. Tadi saya melihat anak-anak SMK diajarkan membatik. Saya tanya ternyata mereka diajarkan batik seminggu tiga kali, itu cukup," papar Jokowi.

Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Batik Nasional 2019
Foto: Setkab

Meski sudah mulai aktif diajarkan di sekolah, presiden meminta seluruh pihak untuk terus mengajak generasi muda lebih mencintai batik dan mengajak masyarakat dunia untuk mengakui batik dan mengagumi batik.

"Selain itu juga lebih aktif memanggungkan batik pada acara internasional. Menjadikan batik sebagai duta budaya Indonesia," kata Jokowi.

Turut serta dalam rombongan presiden menuju Kabupaten Boyolali, antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Tampak juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  



Berita Terkait