Foto: Ashar/Ceknricek.com

PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Jurusan Senen-Pasar Turi

Ceknricek.com -- PT. Kereta Api Indonesia (KAI Persero) resmi meluncurkan KA Dharmawangsa KA 136) relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya, Pasar Turi (PP). Peresmian pengoperasian kereta api baru  tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12).

Edi mengatakan, peluncuran KA Dharmawangsa berdasarkan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019.

"PT Kereta Api Indonesia (KAI Persero) yang mengemban visi menjadi perusahaan jasa perkeretaapian terbaik, terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan kereta api (KA)," ujar Edi dalam konferensi pers peluncuran KA Dharmawangsa.

PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Jurusan Senen-Pasar Turi
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Edi menjelaskan, kereta api tersebut akan melayani penumpang dan berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 08.25 WIB. KA Dharmawangsa akan berhenti di beberapa stasun seperti Pagadenbaru-Cirebon Prujakan-Brebes-Tegal-Pekalongan-Weleri Semarang Tawang-Ngrombo Randublatung-Cepu-Bojonegoro-Babat-Lamongan, dan akan tiba di stasiun akhir Surabaya Pasar Turi, pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: Mulai 1 Desember, Tujuh Rute KA Baru Siap Berangkat dari Gambir dan Pasar Senen

KA Dharmawangsa memiliki gerbong 3 gerbong eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk, dan 6 gerbong ekonomi dengan kapasitas 636 tempat duduk. Terkait nama, Edi mengatakan, Dharmawangsa adalah seorang raja kerajaan besar yang menurunkan raja-raja di Pulau Jawa.

PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Jurusan Senen-Pasar Turi
Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Dinamakan Dharmawangsa karena ada seorang raja dari kerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari kerajaan Kahuripan. Sesuai dengan filosofi itu, dengan peluncuran KA Dharmawangsa ke depannya PT KAI semakin besar, jaya, dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," kata Edi.

PT. KAI menerapkan tarif batas bawah dan tarif batas atas dengan jadwal weekday kelas eksekutif bertarif Rp350.000-390.000, dan ekonomi Rp150.000. Sementara untuk weekend, eksekutif Rp350.000-Rp480.000, dan ekonomi Rp150.000-Rp160.000.

PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Jurusan Senen-Pasar Turi
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Edi berharap dengan peluncuran KA Dharmawangsa dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, sekaligus meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya.

"Tiket KA Dharmawangsa sudah bisa dipesan sejak 1 November 2019 untuk keberangkatan 1 Desember dan seterusnya, melalui aplikasi KAI Access, Website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," ucap Edi.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait