Putri Ma'ruf Amin Hadiri Peresmian Rumah Remaja Kreatif | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Putri Ma'ruf Amin Hadiri Peresmian Rumah Remaja Kreatif

Ceknricek.com -- Para remaja dan generasi muda merupakan aset bangsa di masa depan. Mereka diharapkan bisa menyalurkan kreatifitas dan energi yang dimiliki untuk menghasilkan hal-hal yang positif dan berguna untuk masyarakat. Atas dasar itulah, Duta Remaja Indonesia meluncurkan Rumah Remaja Kreatif di Jalan Tebet Timur Dalam I Nomor 10, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (16/10). 

Mengutip keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (17/10), peresmian Rumah Remaja Kreatif dihadiri Pembina Duta Remaja Indonesia, Siti Ma’rifah, Rahmat Hamka, Diaz Hendro Priyono, Zainal Abidin, Jimbo, Agus Tanjung dan para remaja milenial dari berbagai kampus dan komunitas.

Ketua Pelaksana, Gatra, berharap Rumah Remaja Kreatif bisa menjadi laboratorium bagi generasi milenial dan menjadi rumah kreatif bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya. "Ke depan kita bisa terus bersinergi dan berkontribusi dalam rangka mewujudkan Indonesia maju," katanya.

Putri Ma'ruf Amin Hadiri Peresmian Rumah Remaja Kreatif
Foto: Istimewa

Pada kesempatan yang sama, Rahmat Hamka memaparkan konsep-konsep dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Rumah Remaja Kreatif. Pertama, pelatihan skill milenial, khususnya berorientasi pada remajapreneur, agar para remaja mulai berpikir dan memiliki orientasi untuk berwirausaha. Konsep ini meliputi pelatihan hard skill maupun soft skill.

Kedua, kajian-kajian tematik seperti Festival Pancasila yang orientasinya menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara di kalangan generasi milenial.

“Supaya Pancasila sebagai dasar negara membumi dan menjiwai dikalangan generasi milenial. Kajian-kajian nasional dan studi-studi konseptual ini yang nanti akan dirumuskan," katanya.

Ketiga, pengajaran pemahaman agama seperti lewat mengaji agar para milenial mendapatkan pemahaman agama dari orang-orang yang tepat. Terakhir dan tidak kalah penting ialah kelas pemimpin bangsa.

“Kita berharap generasi-genarasi penerus mendapatkan pembekalan-pembekalan. Ini lah beberapa hal yang akan dilakukan ke depannya yang ditunjang ruang kreatif oleh Studio Youtube dan ruangan Media Center," tambah Rahmat Hamka.

Membangun Adab

Sementara Siti Ma’rifah selaku pembina mengingatkan perlunya tambahan program khusus bagi remaja dan mahasiswa agar tetap kritis, cerdas, kreatif namun berkarakter. Putri Wakil Presiden RI 2019-2024, KH Ma'ruf Amin ini menilai persoalan karakter ini harus mendapatkan perhatian khusus, sebagai masukan kepada pemerintah dalam koridor konstitusional.

“Karakter tadi juga berperan membangun adab, dan akhlak generasi. Harapannya Rumah Remaja Kreatif nanti mampu membuat Integrity Learning untuk mewujudkan itu semua," tuturnya.

Siti Ma’rifah mengingatkan kisah para pendiri bangsa seperti Bung Karno dan pemuda-pemuda Indonesia memulai pergerakan nasional dari kamar-kamar kosan dan tempat yang sempit.

Baca Juga: Temui KH Ma'ruf Amin, MPR RI Siap Gelar Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

"Harapannya kita dengan adanya Rumah Remaja Kreatif ini dapat memulai dan membangun negara ini lebih baik lagi dan itu semua kita mulai dari Rumah Remaja Kreatif ini. Bisa menghasilkan karya-karya kreatif untuk bangsa dan negara Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Diaz Hendropriyono menilai keberadaan Rumah Remaja Kreatif adalah hal yang bagus dan jangan dianggap enteng. Makna kreatif itu sendiri bermakna tinggi, karena kreativitas itu bersifat tanpa batas.

"Jadi kalau kita sudah bisa melabeli diri kita sebagai Rumah Remaja Kreatif, berarti kita sudah menetapkan target yang sangat tinggi. Harusnya kawan-kawan termotivasi untuk melakukan hal-hal tanpa batas," katanya.

Acara peresmian ditutup dengan potong tumpeng serta melihat fasilitas Rumah Remaja yang tersedia. Beberapa ruang yang kedepannya bisa dimanfaatkan generasi milenial ini untuk berkarya, antara lain Studio Youtube, ruang media center, ruang design dan animasi serta work space.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait