Ratu Elizabeth Restui Pengunduran Diri Pangeran Harry dan Meghan Markle | Cek&Ricek
Sumber: insider.com

Ratu Elizabeth Restui Pengunduran Diri Pangeran Harry dan Meghan Markle

Ceknricek.com -- Ratu Elizabeth akhirnya memberi restu untuk cucunya Pangeran Harry dan Meghan Markle, istrinya, yang ingin menyongsong masa depan lebih mandiri.

"Keluarga dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda," kata ratu berusia 93 tahun itu dalam pernyataan seperti dilansir Reuters, Selasa (14/1). “Hari ini keluarga saya melakukan diskusi yang sangat konstruktif tentang masa depan cucu saya dan keluarganya. Keluarga dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda."

Ratu mengatakan ada periode transisi saat pasangan muda itu menghabiskan waktu di Inggris dan Kanada. Ia menambahkan akan ada banyak hal yang diurus demi mengatur segala sesuatu untuk Meghan dan Harry di masa depan.

elizabeth restui meghan harry
Sumber: Istimewa

"Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga saya, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang," tulis Ratu Elizabeth.

Keluarga kerajaan Inggris sebelumnya sempat kecewa atas pengumuman dari Harry dan Meghan bahwa mereka akan mundur dari peran senior dan menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara. Pengumuman yang dirilis di media pada Rabu (8/1) malam itu, mengejutkan Ratu Elizabeth dan Pangeran Charles, ayah Harry, karena mereka tidak diajak berkonsultasi mengenai pernyataan itu.

Baca Juga: Penampilan Terakhir Meghan Markle Saat 'Tinggalkan Istana'

Harry mengatakan, setelah berbulan-bulan merenung dan berdiskusi, pasangan itu berencana untuk mengukir "peran baru yang progresif" dengan mundur dan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara untuk memberi mereka ruang yang dibutuhkan.

Mereka berharap untuk menjadi mandiri secara finansial dan membentuk kegiatan amal baru, sambil melanjutkan beberapa tugas kerajaan.

Komentator kerajaan membandingkan situasi ini serupa dengan krisis pengunduran diri Edward VIII yang menyerahkan takhta pada 1936 untuk menikahi janda asal Amerika, Wallis Simpson, dan menjalani kehidupannya di Prancis.

Edward VIII. Sumber: Istimewa

Harry (35) dan Meghan (38) seorang janda yang ibunya berkebangsaan Afrika-Amerika dan ayahnya berkulit putih, menikah pada Mei 2018 dalam sebuah upacara mewah di Kastil Windsor, yang pada saat itu digembar-gemborkan sebagai tanda monarki yang lebih modern. Tahun lalu, Meghan melahirkan anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Sumber: Istimewa

Kakak kandung Harry, Pangeran William, mengaku sedih atas keputusan adiknya itu. Ia berharap suatu hari nanti, seluruh anggota kerajaan bisa bersatu kembali.

Sumber: Istimewa

"Saya merangkul adik saya sepanjang hidup kami dan saya tak akan bisa melakukan hal itu lagi. Saya sangat sedih," katanya pada Sunday Times dikutip Page Six, Sabtu (11/1).

“Yang bisa kita lakukan dan yang bisa saya lakukan adalah mencoba dan mendukung mereka, dan berharap saatnya tiba ketika kita semua satu pemahaman. Saya ingin semua orang bermain di tim yang sama," katanya lagi.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait