Resahkan Warga, Petugas Damkar Usir Tawon di Jakarta Timur | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Resahkan Warga, Petugas Damkar Usir Tawon di Jakarta Timur

Ceknricek.com -- Petugas Suku Dinas Penyelamatan dan Penanggulangan Kebakaran Jakarta Timur berhasil mengevakuasi sarang tawon jenis vespa affinis, yang meresahkan warga Pulogadung, Jakarta Timur, dengan menggunakan teknik pembakaran. 

"Sarang tawon ini berada di dahan pohon setinggi enam meter dengan ukuran sarang sebesar bola sepak,” kata  Kepala Seksi Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta, Senin (2/12). 

Sarang tawon yang biasa dikenal dengan tawon endhas itu berada di Jalan Palad Bulak Baru RT 05 RW 03 Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. 

Sebelumnya, atas laporan dari warga setempat bernama Tri yang diterima tim Damkar Jakarta Timur, dua petugas kemudian dikerahkan menuju lokasi. 

Baca Juga: 6 Bulan Terakhir, Pemprov DKI Sudah Evakuasi 327 Sarang Tawon 

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas yang biasanya mengevakuasi sarang tawon dengan teknik semprotan air, akhirnya diputuskan menggunakan teknik pembakaran. 

“Dahannya tidak memungkinkan untuk kita panjat, jadi metode penanganannya menggunakan pembakaran,” kata Gatot. 

Teknik pembakaran yang dinamakan pelontar api merupakan teknik pengusiran yang diarahkan menuju sarang tawon untuk dibakar hingga lepas dari dahan. "Teknik ini relatif lebih cepat dan simpel. Petugas membutuhkan waktu sekitar 10 menit hingga sarang tawon hangus terbakar," katanya. 

Gatot menambahkan, selain mengenakan pakaian pelindung kebakaran terlebih dahulu, sebelum melakukan pengusiran tawon, petugas melumuri tubuhnya dengan cairan pestisida untuk menghindari sengatan. Sejauh ini, Gatot tidak menerima laporan korban selama sarang tawon tersebut meresahkan warga di wilayah setempat.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait