Ridwan Kamil Jadi Calon Gubernur Populer di Pilgub Jabar 2024 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Ridwan Kamil Jadi Calon Gubernur Populer di Pilgub Jabar 2024

Ceknricek.com -- Popularitas Ridwan Kamil masih berada di posisi teratas untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat mendatang.

Ridwan Kamil menempati posisi pertama dengan perolehan 18 persen, diikuti Dedi Mulyadi 7 persen, dan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule 5 persen.

Direktur Eksekutif Indodata, Danis Wahidin, mengatakan, survei bertujuan mengetahui figur-figur yang berpengaruh dan berpeluang pada Pilgub Jabar, November 2024. Tidak dipungkiri, sejumlah nama besar mencuat.

Ridwan Kamil Jadi Calon Gubernur Populer di Pilgub Jabar 2024
Sumber: Indodata

Meski demikian, kata dia, hingga kini masih banyak yang belum menentukan pasangan calon. Artinya, dinamika politik masih berkembang.

"Ridwan Kamil tercatat meraih popularitas tertinggi. Kiprahnya sebagai mantan walikota Bandung dan mantan gubernur Jawa Barat memberikan dampak positif pada penilaian media," kata Danis.

Selain Ridwan Kamil, nama lain juga mendapat sentimen positif dari media, seperti Dedi Mulyadi, Iwan Bule, Haru Suandharu, Desy Ratnasari, Uu Ruzhanul Ulum, dan banyak lagi.

"Dedi Mulyadi diperkirakan bakal maju, dan dia kompetitor utama bagi Ridwan Kamil, sekaligus bakal calon wakil gubernur potensial untuk dipasangkan dengan Ridwan Kamil," ujarnya.

Sementara itu, survei yang dilakukan terhadap pemberitaan partai politik, Partai Gerindra tercatat sebagai salah satu Parpol dengan popularitas tertinggi pada isu Pilkada Jabar 2024.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait