Rutin Berolahraga Mampu Tangkal Penularan COVID-19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Rutin Berolahraga Mampu Tangkal Penularan COVID-19

Ceknricek.com -- Rutinitas olahraga ternyata berdampak besar terhadap imunitas tubuh. Menurut Dr. Arie Sutopo SpKO berolahraga dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh demi menangkal penularan COVID-19. Dokter spesialis keolahragaan itu pun mengajak masyarakat untuk rutin berolahraga. Hal ini disampaikan dokter Arie saat berbicara dalam jumpa pers virtual bersama Satgas COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu, (3/10/20).

"Jadi kalau kita bergerak, olahraga tujuannya yang sekarang ini untuk meningkatkan kekebalan, imunitas. Itu penting,"kata Arie Sutopo.

Lebih lanjut Arie Sutopo menjelaskan pandemi COVID-19 memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah guna menghindari penularan COVID-19 yang dapat terjadi ketika banyak berinteraksi dengan orang lain di luar rumah.

Situasi dan kondisi yang mengharuskan orang tetap berada dalam rumah seharusnya tidak mengendurkan semangat tetap berolahraga. Pasalnya, jika kurang berolahraga akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Demikian sebaliknya, apabila orang-orang terus bergerak dan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan lancar dan daya tahan tubuh juga akan meningkat.

"Jadi kita mesti terus bergerak dan berolahraga. Nah, kalau kita bergerak, di rumah atau olahraga, itu daya tahan naik. Itu hebatnya,"tuturnya.

Menurut Arie Sutopo seperti dilansir Antara, dengan terus bergerak dan berolahraga, jumlah sel darah putih, katanya, akan meningkat, sehingga dengan memiliki pertahanan tubuh yang kuat tubuh akan dapat menghalau semua virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh.

"Jadi begitu COVID-19 datang, langsung dihantam sama sel darah putih ini. Tapi kalau kita diam-diam saja, tentara di dalam tubuh juga enggak naik. Begitu COVID-19 datang, dipukul sama COVID-19, mati semua tentara (pertahanan tubuh) kita,"katanya.

Arie juga menambahkan dalam melakukan aktivitas olahraga, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, guna mencegah penularan COVID-19. Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.



Berita Terkait