Saatnya Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan | Cek&Ricek kula-coffee
Protokol Kesehatan (kemkes.go.id)

Saatnya Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

Ceknricek.com -- Pelanggaran terhadap protokol kesehatan selalu berulang terjadi setiap kali libur panjang berlangsung. Dampaknya, seusai libur panjang lonjakan kasus positif COVID-19 jadi tidak terkendali.

Demi menghindari lonjakan kasus positif, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengambil tindakan tegas.

Dalam keterangan di Pangkalpinang, Sabtu, (26/12/20) Erzaldi memerintahkan para penegak hukum untuk menindak tegas masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Perintah itu dikeluarkan setelah beberapa hari terakhir terjadi lonjakan kasus positif COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Hari ini, dua orang meninggal dunia dan jumlah kasus baru positif bertambah 79 orang dan ini angka yang tidak bisa dianggap main-main," ujar Erzaldi.

Lebih lanjut ia mengatakan peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir ini, karena kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang melemah. Oleh karena itu, pemerintah provinsi memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan tegas dalam menyelamatkan daerah ini.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI EKO PATRIO

"Saya memutuskan untuk membuat langkah serius dan terukur, untuk menekan kasus baru di Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka yang melonjak tinggi," tegasnya.

Pihaknya menggandeng TNI-Polri, Polisi Pamong Praja, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Babel untuk menggelar razia masker secara massif dan bertindak tegas kepada masyarakat yang membandel.

Selain itu, Gubernur Erzaldi meminta seluruh kepala daerah di Bangka Belitung kembali fokus terhadap penanganan Covid-19.

"Kami sudah berkoordinasi dengan jajaran Polda Babel untuk melakukan razia masker. Ini harus menjadi perhatian kita semua. Kita harus kembali melakukan pengetatan agar jumlah kasus ini tidak semakin liar. Peningkatan jumlah kasus melonjak tajam utamanya di Pangkalpinang dan Bangka," katanya.

Kapolda Provinsi Kepulauan Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat seperti dilansir Antara meminta kepada seluruh jajaran dibawahnya untuk segera melakukan langkah lebih dini.

"Razia protokol kesehatan ini bahkan sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Jumat malam ekskalasinya mulai ditambah," pungkasnya.

Baca juga: Sebulan Kasus Aktif COVID-19 Naik Dua Kali Lipat, Satgas: Waspadalah!

Baca juga: Begini Isi Lengkap Protokol Kesehatan Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru



Berita Terkait