Foto: Antaranews.com

Sambut Bulan K3, Gubernur Anies Tekankan Keselamatan dan Kesehatan

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kembali pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam melaksanakan pekerjaan. Pernyataan itu ia sampaikan menyambut bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di DKI Jakarta yang ditandai dengan upacara, Jumat (17/1).

"Hari ini Pemprov DKI Jakarta melaksanakan upacara hari keselamatan dan kesehatan kerja atau yang biasa disebut K3 yang arahannya diberikan oleh kementerian ketenagakerjaan," kata Anies.

Gubernur Anies menyebut prioritas mengenai K3 itu harus terus dilakukan dalam proyek pembangunan apapun di Jakarta dan dalam bidang apapun pekerjaanya.

"Saya garis bawahi apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keluarga yang di rumah menginginkan agar anggota keluarga yang bekerja, baik dalam perjalanan menuju tempat kerja maupun perjalanan pulang dari tempat kerja serta berada di tempat kerja, menginginkan semuanya selamat, karenanya K3 harus terus didorong," ucap Anies.

Sumber: Istimewa

Anies mengharapkan pencanangan Bulan K3 ini janganlah hanya seremonial meski pelaksanaannya memang upacara, tapi kesadarannya harus diwujudkan dalam langkah-langkah nyata di tempat kerja dan juga di antara rumah dengan tempat kerja.

Baca Juga: Di Tengah Gerimis, Anies Kerja Bakti di Kampung Makasar

"Semua yang menyangkut risiko harus diantisipasi bersama oleh pekerja, oleh pengusaha, oleh pemerintah. Sehingga semua risiko teridentifikasi dan bisa dicegah, sehingga tidak menjadi kecelakaan atau ancaman membahayakan kesehatan bagi pekerja," ucap Anies.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Andriyansyah menyatakan akan ada beberapa program yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam Bulan K3 ini, yaitu menggalakkan sosialisasi mengenai K3 dengan berbagai cara antara lain datang ke perusahaan-perusahaan dengan mendatangi langsung, lalu dengan acara bersepeda bersama.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta juga akan memilih perusahaan-perusahaan yang zero accident, mulai dari 1.200.000 jam, 2.400.000 jam dan 3.600.000 jam.

"Kami juga nanti akan memilih "Miss" Keselamatan Kerja untuk perempuan. Karena perempuan sekarang sudah banyak yang menjadi pegiat K3, nanti kami akan pilih. Terakhir, kami juga akan melaksanakan konser Safety Excellent With Didi Kempot. Mudah-mudahan semua berjalan lancar sehingga akan menjadikan Didi Kempot menjadi Duta Seni K3 untuk DKI Jakarta," ucap Andriyansyah. (Antara)

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait