Satgas COVID-19 Jamin Vaksin Corona Aman Bagi Masyarakat | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Beda Vaksin dan Vaksinasi (Foto: BNPB Indonesia)

Satgas COVID-19 Jamin Vaksin Corona Aman Bagi Masyarakat

Ceknricek.com -- Pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan saat ini proses pengadaan vaksin corona tengah dipersiapkan.

Dalam waktu dekat ini, vaksin-vaksin yang dibeli pemerintah dari Sinopharm, Cansino, Aztra Zeneca dan Sinovac akan diuji tingkat keamanan dan efektivitasnya..

Dalam jumpa pers virtual yang digelar di Media Center BNPB Jakarta, Kamis, (15/10/20) Jubir Satgas COVID, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan sebelum diedarkan, semua vaksin diuji terlebih dahulu oleh BPOM.

“Vaksinasi itu bagian dari proteksi dan bentuk upaya pemerintah meningkatkan ketahanan kesehatan, “papar Wiku

Pemerintah, lanjut dia akan menempatkan keselamatan masyarakat sebagai prioritas utama vaksinasi.

Satgas COVID-19 Jamin Vaksin Corona Aman Bagi Masyarakat
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (BNPB Indonesia)

“Pada prinsipnya pengawalan pengadaan vaksin akan dilakukan BPOM. Kita percaya BPOM pasti akan melakukan evaluasi protokol uji kilinis vaksin tersebut,” lanjut pengajar Universitas Indonesia ini.

Menjawab pertanyaan awak media terkait mutu vaksin, Wiku menjelaskan bahwa semua vaksin akan disertifikasi mutu sebagai bagian dari perlindungan konsumen.

“Nanti izin edar obat akan dikeluarkan BPOM dan sejauh ini belum ada laporan serius terkait efek samping dari vaksin,” kata Wiku Adisasmito.

Pada kesempatan tersebut, Wiku juga meminta masyarakat lebih selektif dan cerdas dalam menerima informasi terkait vaksin COVID-19. Masyarakat diharapkan tetap memantau informasi resmi dari Satgas mengenai vaksin dan vaksinasi.

Seperti diketahui pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan bersama sejumlah kementerian yang tergabung dalam komite sedang menyiapkan roadmap vaksinasi. Meksi vaksin sudah di depan mata, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Baca juga: Vaksin COVID-19 Dari Sinopharm Sudah Bisa Dipesan

Baca juga: Daftar Lima Kelompok Sasaran Utama Penerima Vaksin Covid-19



Berita Terkait