Foto: Pemprov DKI Jakarta

Satgas TPB Karhutla DKI Mulai Tangani Pemadaman Api di Jambi

Ceknricek.com -- Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) Provinsi DKI Jakarta mulai terjun menangani pemadaman karhutla di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Lokasi pemadaman berjarak sekitar dua kilometer dari permukiman warga dan Gedung SD Negeri 62 Desa Puding.

Menurut Komandan Regu Gulkarmat Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta, Kusnanto, Selasa (24/9), pihaknya sekitar 25 personel dari Dinas Gulkarmat DKI Jakarta. "Proses pemadaman kami lakukan secara bertahap berkoordinasi dengan unsur terkait di sana," ujarnya.

Secara terpisah, Komandan Distrik Militer 0415/Batang Hari, Letkol J Hadiyanto selaku pengarah operasi pemadaman menyebut, kawasan tersebut bukan lagi hanya hotspot, melainkan area perapian yang luas di Kecamatan Kumpeh. "Kita sampaikan sebaran api itu memanjang lebih dari satu kilometer dari Timur ke Tenggara di Kecamatan Kumpeh," ujarnya.

Menurut Letkol J Hadiyanto, bantuan Satgas TPB Karhutla dari Provinsi DKI Jakarta sangat membantu masyarakat Muaro Jambi, bahkan menambah semangat personel lain dalam pelaksanaan pemadaman api. 

Foto: Pemprov DKI Jakarta

"Selain usaha maksimal kita di lapangan, kami mengajak masyarakat luas untuk ikut mendoakan agar hujan segera turun di wilayah Jambi," tandasnya.

Diberangkatkan dari Jakarta

Sebanyak 32 dari 65 personel Satuan Tugas Terpadu Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas TPB Karhutla) dari DKI Jakarta diberangkatkan dari Jakarta dan tiba di Provinsi Jambi, Minggu (22/9).

Foto: Pemprov DKI Jakarta

Kedatangan Satgas TPB Karhutla DKI ini diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Muhammad Dianto di Kantor Gubernur Jambi. Dianto mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas kedatangan Satgas TPB Karhutla dari DKI Jakarta yang akan memberikan bantuan terkait dengan terjadinya karhutla di Jambi.

Baca Juga: Anies Baswedan Kirim Bantuan Atasi Karhulta, Pemprov Riau Menolak

"Alhamdulillah, Sekda Provinsi DKI Jakarta, Pak Saefullah juga sudah bertelepon langsung menyampaikan kedatangan Satgas untuk membantu penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di sini," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Satgas TPB Karhutla DKI Jakarta, Tumpal Hasiholan Agustinus mengatakan, 32 personel yang menempuh perjalanan udara sudah mendarat di Sultan Thaha Airport pada sejak Sabtu (21/9) pukul 15.00.

Foto: Pemprov DKI Jakarta

Menurutnya, Satgas TPB Karhutla juga akan memberikan bantuan layanan kesehatan bagi warga setempat. Selain itu, rencananya juga akan diberikan bantuan pembuatan tiga ruang kelas tahan asap di 10 sekolah, pendistribusian 5.000 masker N95, serta pembangunan lima rumah oksigen.

"Satgas TPB Karhutla ini juga melibatkan dua dokter spesialis paru. Total untuk tim medis dari Dinas Kesehatan ada 10 personel," ungkapnya.

BACA JUGA: Cek HUKUM, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait