Foto: sunnysidenursery.net

Sederet Makanan yang Mampu Tingkatkan Kinerja Otak

Ceknricek.com -- Makanan yang Anda konsumsi sangat memiliki peran dalam menjaga otak Anda agar tetap sehat. Otak membutuhkan rangkaian nutrisi seperti asam lemak omega-3, yang membantu memperbaiki sel-sel otak. Berikut sederet makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ikan 

Ikan berlemak tinggi seperti salmon, tuna, sarden, dan sebagainya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 berfungsi untuk membantu membangun membran di setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Omega-3 yang tinggi membantu meningkatkan aliran darah di otak yang bermanfaat untuk kecerdasan dan menangkal penyakit alzheimer. 

Telur

Telur kaya akan kolin yang membantu perkembangan otak janin bagi wanita hamil. Kolin dalam tubuh ini mengandung mikronutrien penting yang digunakan tubuh untuk mengatur suasana hati dan menghasilkan hormon kebahagiaan. Selain kolin, telur mengandung vitamin B yang berperan memperlambat penuaan usia mental pada orang tua.

Dark chocolate

Cokelat merupakan makanan yang dipercaya membawa perasaan bahagia. Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang dapat meningkatkan kecerdasan dan memori. 

Kacang kenari

Kacang kenari mengandung DHA yang sangat tinggi, sejenis asam lemak omega-3, dimana DHA ini terbukti melindungi kecerdasan otak pada bayi baru lahir dan meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya itu, kacang kenari juga membuat pertumbuhan neuron baru di otak yang akan membantu menumbuhkan sel-sel otak baru.

Buah berries

Segala jenis buah berries seperti stroberi, blackberry, blueberry, blackcurrant atau mulberry mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk otak. Tahun 2014 sebuah penelitian mencatat, senyawa antioksidan dalam berries memiliki banyak efek positif pada otak, seperti membentuk sel-sel otak baru, meningkatkan kecerdasan dan memori, dan mengurangi penundaan penuaan usia otak. 



Berita Terkait