Sejarah Hari Ini: Penerbangan Pertama Wright Bersaudara | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Sejarah Hari Ini: Penerbangan Pertama Wright Bersaudara

Ceknricek.com -- Hari ini 116 tahun silam, tepatnya 17 Desember 1903, dua insinyur bersaudara asal Amerika Serikat, Wilbur Wright dan Orville Wright sukses menerbangkan pesawat pertama di dunia.

Menggunakan pesawat rancangan bernama Flyer, Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawatnya selama 12 detik pada ketinggian 120 kaki di kota Kitty Hawk, North Carolina, AS.

Foto: Istimewa

Pencapaian ini menandai awal mula sejarah modern aviasi dimana pada tahun-tahun setelahnya rancangan pertama pesawat berawak mulai dirancang di berbagai dunia oleh insinyur lain.

Siapakah Wright Bersaudara?

Foto: Istimewa

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Sinar X-Ray Ditemukan dan Mengubah Dunia

History menulis Orville dan Wilbur Wright adalah dua bersaudara yang tumbuh di Dayton, Ohio. Keduanya memiliki minat untuk mengembangkan penerbangan setelah mempelajari penerbangan pesawat glider (pesawat luncur) dari Otto Lilienthal, seorang pionir aviasi dari Jerman pada 1890-an.

Foto: Istimewa

Meski Orville dan Wilbur tidak mengenyam kuliah, namun mereka memiliki kemampuan teknis luar biasa dan pendekatan yang canggih untuk memecahkan masalah dalam desain mekanik. Mereka kemudian sepakat untuk membangun mesin buatannya sendiri pada tahun 1892.

Foto: Istimewa

Setelah mempelajari dan mengembangkan mesin cetak sambil membuka penjualan dan perbaikan sepeda, tidak lama, mereka lalu membuat sepeda dan membangun bisnis dari sana. Dari sinilah mereka mendapat keuntungan hingga akhirnya mengejar impian untuk membangun pesawat terbang.

Dibantu seorang ahli mesin bernama Charlie Taylor, Wright bersaudara berhasil membuat pesawat terbang setelah berbagai rangkaian eksperimen, hingga mereka menulis kepada badan Klimatologi AS untuk menanyakan tempat yang cocok dalam melakukan uji luncur pesawat. 

Foto: Istimewa

Lembaga tersebut kemudian memberi izin dan rekomendasi di sebuah desa terpencil di Outer Banks North Carolina, Kitty Hawk, Amerika Serikat, yang mana di sana terdapat angin yang baik dan tempat pendaratan yang bagus. Wright bersaudara lalu mengangkut pesawat dalam beberapa bagian ke Kittyhawk pada musim gugur 1903.  

Penerbangan Pertama

Setelah merakit kembali pesawat dan melakukan beberapa tes lanjutan pada 14 Desember, tiga hari setelahnya, yakni pada 17 Desember 1903, pesawat buatan mereka akhirnya berhasil mengangkasa pada pukul 10:35, di depan lima saksi serta mengudara selama 12 detik dan terbang 120 kaki. 

Baca Juga: Biografi Alfred Nobel, Ilmuwan Penggagas Hadiah Nobel

Foto: Istimewa

Zaman penerbangan modern pun lahir. Mereka berdua kemudian bergantian melakukan uji coba pesawat dan mendapat sorotan dari berbagai media di seluruh dunia. Nama mereka kian tenar setelah pesawat buatannya perlahan mampu terbang lebih lama dari percobaan-percobaan sebelumnya.

Foto: Istimewa

Selama beberapa tahun berikutnya, Wright bersaudara lebih jauh mengembangkan pesawat namun tidak mempedulikan untuk mendapatkan paten dan kontrak mesin terbang pesawat mereka. 

Pada 1905, pesawat mereka akhirnya berhasil melakukan manuver rumit dan berada di udara selama 39 menit. Tiga tahun berikutnya, mereka melakukan perjalanan ke Prancis dan membuat penerbangan publik pertama yang menggembirakan publik dunia.

Baca Juga: Biografi Robert Koch, Ilmuwan Pendiri Modern Bakteriologi

Foto: Istimewa

Pada 1909, Angkatan Darat AS kemudian membeli pesawat yang dibuat khusus dari perusahaan Pesawat Wright. Meski tiga tahun kemudian Wilbur Wright meninggal akibat terkena demam tifoid dan menyusul Orville pada tahun 1948 setelah menderita serangan jantung.

Pesawat Wright Flyer atau 1903 Flyer yang bersejarah itu kini dipajang permanen di National Air and Space Museum di Washington DC, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait