Sosialisasi yang Konsisten Bikin Masyarakat Patuh 3M | Cek&Ricek
Foto : Istimewa

Sosialisasi yang Konsisten Bikin Masyarakat Patuh 3M

Ceknricek.com -- Sosialisasi 3M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak harus dilakukan secara konsisten oleh semua pihak agar masyarakat mematuhinya.

Kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurut pengamat sosial Devie Rahmawati kuat dipengaruhi kampanye yang dilakukan secara terus-menerus dan intens.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI NURUL ARIFIN

Dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, (21/11/20), pengajar Universitas Indonesia (UI) ini menyatakan masyarakat akan patuhi 3M secara ketat asal konsistensi sosialisasinya berjalan.

“Bicara soal sosialisasi kita tidak boleh berhenti begitu saja apapun yang terjadi,” ucapnya.

Konsistensi penting untuk memberikan pengertian bahwa pandemi COVID-19 masih berlangsung sampai sekarang dan sejauh ini satu-satunya cara mencegah penularannya adalah dengan melaksanakan 3M secara ketat dan disiplin.

Sosialisasi yang Konsisten Bikin Masyarakat Patuh 3M
Sumber: Ceknricek.com

Dalam studi yang dilakukan Program Vokasi UI pada awal pandemi terjadi kecenderungan masyarakat menghindari informasi COVID-19 karena rasa takut akan penyakit itu.  Masih menurut studi yang belum dipublikasikan itu, memasuki tujuh bulan pandemi COVID-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah, kegigihan pemerintah dibantu berbagai pihak seperti media dan gerakan sipil membuat masyarakat mulai sadar akan keberadaan COVID-19 di tengah gempuran hoaks soal corona.

“Memang diperlukan konsistensi, tidak peduli apapun yang terjadi dan isu-isu besar apapun,” ujar Devie.

Direktur Kemahasiswaan UI ini menyatakan dalam berbagai perubahan sosial memang ada beberapa persen masyarakat yang tidak mengikuti perubahan yang ada. Hal ini dikatakannya menanggapi masih ada kelompok masyarakat yang percaya tidak mungkin dan tidak akan tertular COVID-19.

Namun saat ini sudah banyak masyarakat yang mengikuti ketentuan adaptasi kebiasaan baru yakni menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terlepas dari kondisi apapun gempuran berita hoaks yang luar biaya, upaya untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan tetap menjadi sesuatu yang tidak boleh kita kendurkan semangatnya,” pungkas Devie Rahmawati.

Baca juga: Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Disiplin Terapkan 3M

Baca juga: Satgas COVID-19: Disiplin 3M dan Disinfektan Ampuh Cegah Penyebaran


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait