Sumber: Detik

Suahasil Nazara Wamenkeu, Mahendra Siregar Wamenlu

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menempati posisi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), sementara Mahendra Siregar, yang saat ini masih menjadi duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

"Saya mendapatkan arahan dari Bapak Presiden untuk membantu memperbaiki berbagai macam dukungan policy," kata Suahasil usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, (25/10).

Suahasil mengatakan dukungan kebijakan itu dalam upaya mempercepat investasi, peningkatan serapan tenaga kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

Suahasil menyebutkan Presiden Jokowi memintanya untuk membantu memperbaiki berbagai macam dukungan kebijakan dengan posisi sebagai Wamenkeu. "Sebagai Wakil Menteri Keuangan," kata Suahasil.

Sumber: Detik

Sementara itu, Mahendra Siregar, mengatakan Presiden Jokowi memberi waktu satu tahun untuk mencapai target yang telah ditetapkan. "Ada beberapa target yang diberikan, kalau tidak beliau akan mencari pengganti," ujar Mahendra.

Baca Juga: Sebanyak 12 Calon Wakil Menteri Merapat ke Istana  

Mahendra merinci beberapa target yang diberikan adalah meningkatkan kualitas promosi, investasi, perdagangan. "Termasuk di dalamnya peningkatan ekspor kita US$10 sampai US$25 miliar dalam dua sampai 5 tahun ke depan," katanya. Jokowi juga meminta Mahendra untuk menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia.

Mahendra pun menyatakan siap untuk menjalankan tugas itu. Ia segera mundur dari posisinya sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat berkedudukan di Washington DC.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyebutkan sudah menyiapkan para wakil menteri dan segera melantik mereka untuk membantu pelaksanaan tugas menteri.

"Kita harapkan sore hari ini sudah final semuanya, dan segera dilantik, secepatnya akan kita lantik," kata kata Jokowi dalam acara diskusi bersama wartawan kepresidenan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (24/10) sore.

Ia menyebutkan penyiapan wamen sebetulnya sudah selesai. Mereka ada yang berasal dari partai politik, ada juga yang dari profesional. Presiden berharap para wamen betul-betul dapat membantu tugas menteri. Pelantikan para wakil menteri dijadwalkan berlangsung pada Jumat (25/10) sekitar pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA: Cek  AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait