Sumpah Pemuda 2019, Muhadjir Effendy Beri Penghargaan untuk Karyawan Kemenko PMK  | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Sumpah Pemuda 2019, Muhadjir Effendy Beri Penghargaan untuk Karyawan Kemenko PMK 

Ceknricek.com - Memperingati hari Sumpah Pemuda 2019, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menganugerahkan tanda kehormatan penghargaan satyalencana karyasatya kepada 18 pegawai di yang telah mengabdi selama 30 tahun. Muhadjir juga memberikan penghargaan bagi 27 dan 67 orang yang telah mengabdi selama 20 dan 10 tahun di kementerian itu.

"Mudah-mudahan dengan penghargaan tersebut bisa lebih meningkatkan pengabdian untuk nusa dan bangsa," ujar Muhadjir.

Singgung Penculikan Soekarno dan Hatta

Menko PMK Muhadjir juga memuji peran pemuda sebagai pelopor bangsa atas keberanian mereka untuk mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga mewujudkan tumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia, berbangsa satu, Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

"Semuanya bergabung bersama, sepakat untuk menatap masa depan untuk menjadikan negara yang sekarang bernama NKRI ini, sebagai negara yang berdasarkan Pancasila yang kemudian juga berdasarkan UUD 1945 ini terwujud sampai sekarang," kata Muhadjir dalam pidato upacara Sumpah Pemuda 2019 di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (28/10).

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim, Waktulah Yang Akan Menjawab Kemampuan Dirinya

Ia menyebutkan pemuda memiliki peranan yang sangat besar pada saat itu. Masyarakat Indonesia perlu menyadari bahwa kehendak para pemuda untuk mendorong proklamasi kemerdekaan Indonesia juga tidak kalah penting.

Para pemuda bahkan melakukan desakan dengan "menculik" presiden Soekarno dan Mohammad Hatta agar dwitunggal itu mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Menko PMK menyebut hal itu sebagai contoh heroik peranan pemuda untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Menko Muhadjir mengingatkan kepada seluruh pejabat dan pegawai di Kemenko PMK untuk melakukan pembinaan kepemudaan sebagai sebuah tanggung jawab yang seperlunya untuk dihayati. "Saya mohon ini bisa dihayati betul, betapa pentingnya kita harus memerankan peran ini," katanya.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait