Foto : MarkPlus, Inc - Bisnis/Eva Rianti

Survei MarkPlus, Inc: Rata-rata Perempuan Indonesia 1-2 Jam Belanja Lewat E-commerce

Ceknricek.com - Survei dari MarkPlus, Inc, perusahaan konsultan marketing menunjukkan, rata-rata perempuan di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam untuk melakukan pembelanjaan lewat platform e-commerce.

Temuan itu disampaikan Head of Communication, Hi-Tech and Media Industry MarkPlus, Inc Resha Dwi Prabowo, di acara Media Gathering Smart Women Talks: Empowering Women Through E-Commerce, Kamis (4/4).

Riset dilakukan pada Februari 2019 terhadap 1.200 responden berusia 18-55 tahun. Hasilnya, perempuan yang berbelanja lewat e-commerceselama 1-2 jam mencapai 48,3%. Disusul durasi di bawah 1 jam (32,7%), 2-3 jam (12,8%), dan lebih dari 3 jam (6,3%).

Resha Dwi Prabowo mengungkapkan, secara umum mayoritas perempuan Indonesia (38,4%) di seluruh kelompok usia biasanya mengakses e-commerce pada pukul 18.00-22.00 waktu setempat.

“Aktivitas tersebut baik untuk berbelanja maupun sekadar melihat-lihat, dilakukan setelah selesai melaksanakan kegiatan atau rutinitas sehari-hari seperti bersekolah, kuliah, ataupun bekerja,” ujarnya.

Dwi menambahkan, survei tersebut juga menunjukkan kebanyakan perempuan di Indonesia tidak merencanakan terlebih dahulu apa yang ingin mereka beli ketika mengakses e-commerce.

Sebanyak 35,4% perempuan melakukan browsing terlebih dahulu untuk mencari produk dan brand apa yang ingin dibeli. Ini membuktikan perilaku perempuan Indonesia yang sekadar iseng browsing pada e-commerce tertentu dapat mengarahkan mereka pada pembelian.

“Namun semakin berumur, perempuan Indonesia semakin bijak dalam berbelanja, lebih mengetahui pilihannya, dan tidak impulsif dalam berbelanja,” lanjutnya.

Menurut Dwi, seiring bertambahnya usia, mereka yang berusia 49-55 tahun dapat dikatakan sudah menjadi lebih bijaksana dengan merencanakan terlebih dahulu produk dan brand apa yang mereka inginkan ketika melakukan pembelian di e-commerce.




Berita Terkait