Tari Saman Pelajar di Yangon Semarakkan "Students Festival Myanmar 2020" | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Kemlu

Tari Saman Pelajar di Yangon Semarakkan "Students Festival Myanmar 2020"

Ceknricek.com -- Para siswa SDEC International School Yangon, Myanmar, menampilkan Tari Saman dalam Students Festival Myanmar 2020 di Diamond Jubilee Hall, Universitas Yangon.

Mengutip laman kemlu.go.id, Selasa (14/1), mereka sangat terkesan dengan persembahan tarian tersebut saat pembukaan Asian Games 2018 sehingga memutuskan untuk menampilkannya. Yang menarik, siswa-siswi itu mempelajarinya dari Youtube dengan panduan guru-guru mereka.

Tari Saman adalah tarian tradisional asal Aceh yang terkenal akan kebersamaan, kekompakan dan unsur pendidikannya. Sudah menjadi kewajiban bangsa Indonesia untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kekayaan budaya nasional ke berbagai wilayah dunia.

Tari Saman Pelajar di Yangon Semarakkan "Students Festival Myanmar 2020"
Sumber: Kemlu

Baca Juga: Tari Bali dan Kuliner Nusantara Tampil di Malam Budaya “Nacht Der Kuturen 2019“ Jerman

KBRI Yangon memang menghadirkan nuansa dan kebudayaan Indonesia pada Students Festival Myanmar 2020, Minggu (12/1). Pada kesempatan tersebut, KBRI Yangon memberikan edukasi mengenai Indonesia, mulai dari mata uang yang digunakan, wilayah Indonesia, warisan bersejarah yang dapat dikunjungi seperti Candi Borobudur dan hal-hal lain seperti budaya batik di Indonesia.

Students Festival Myanmar merupakan kegiatan yang melibatkan 1000 siswa setingkat SMP dan SMA negeri maupun swasta di Yangon. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh KBRI Yangon untuk memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda Yangon termasuk mengundang para peserta untuk menjadi followers media sosial KBRI Yangon.

“Acara ini merupakan kegiatan bersejarah yang berhasil menyatukan siswa sekolah negeri dan sekolah swasta. Kerja sama dalam bidang pendidikan itu sangat penting, khususnya karena moto pendidikan kita adalah No one left behind, Education for All," kata Menteri Pendidikan Myanmar, Dr. Myo Thein Gyi.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait