Terjerat Skandal Makan Malam Mewah, Jubir PM Jepang Mundur | Cek&Ricek
Foto: Jurubicara Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Makiko Yamada, Istimewa

Terjerat Skandal Makan Malam Mewah, Jubir PM Jepang Mundur

Ceknricek.com -- Satu lagi pejabat pemerintahan Jepang mengundurkan diri karena skandal makan malam mewah yang memicu kemarahan publik. Ia adalah jurubicara Perdana Menteri Yoshihide Suga, Makiko Yamada.

Yamada mengundurkan diri setelah diketahui ikut menghadiri makan malam mewah bersama birokrat senior lainnya yang diselenggarakan oleh putra Suga.

Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan pria berusia 60 tahun itu akan mengajukan pengunduran dirinya pada Senin (1/3/21), seperti dimuat Reuters.

Bulan lalu, majalah migguan Shukan Bunshun melaporkan bahwa sejumlah pejabat senior pemerintahan Suga menghadiri makan malam mewah. Jamuan itu disebut dibayar oleh putra tertua Suga yang seorang eksekutif di perusahaan film, Seigo Suga.

Jamuan itu dilakukan pada 2019, ketika Yamada menjadi pejabat di Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi.

Berdasarkan UU Etika Pegawai Negeri Sipil, para pejabat pemerintahan dilarang menerima hadiah atau hiburan dari perusahaan atau individu dengan tujuan menjilat.

Menurut laporan beberapa media lokal, Yamada tengah dirawat di rumah sakit sehingga ia akan melewatkan pertemuan komite parlemen pada Senin untuk membahas kasus yang menjeratnya. (Rmol.id)

Baca juga: Menlu Peru Elizabeth Astete Mengundurkan Diri Karena Skandal Vaksin Virus Korona

Baca juga: PM Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Diri


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait