‘The French Dispatch’ hingga ‘Peninsula’ Masuk Jajaran Film Terpilih Cannes 2020 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

‘The French Dispatch’ hingga ‘Peninsula’ Masuk Jajaran Film Terpilih Cannes 2020

Ceknricek.com -- Festival Film Cannes mengungkapkan jajaran film yang lolos seleksi dewan juri dan berhak menyandang label bergengsi “Official Selection Cannes 2020” yang dibagi menjadi beberapa kategori tematik.

Dikutip dari Deadline Sabtu (6/6) jajaran film seperti karya sineas Wes Anderson (The France Dispatch) Yeon Sangho (Peninsula) dan animsi Pixar dengan karya (Soul) masuk dalam kategori official selection.

Festival ini tidak membedakan film berdasarkan bagian pada tahun ini, melainkan mengumumkan semua 56 film dalam satu daftar, dan hanya membatasi beberapa film berdasarkan kategori tematik.

Meskipun perhelatannya harus batal karena pandemi virus korona, Cannes telah mengungkapkan 56 film yang dipilih untuk seleksi resmi (official selections) sebagai lencana kehormatan untuk film dan dalam upaya untuk meningkatkan kredensial distribusi mereka.

Baca juga: Festival Film Cannes Dipastikan Tak Akan Digelar Virtual

Sutradara artistik Thierry Frémaux sebelumnya mengatakan bahwa film Netflix karya Spike Lee, "Da 5 Bloods" akan diputar di luar kompetisi. Lee sendiri merupakan pemimpin juri dalam ajang kali ini.

Film "Da 5 Bloods" akan menandai kembalinya Netflix ke festival setelah tiga tahun absen, dipicu oleh festival yang melarang film-film non-teater dalam persaingan mereka.

Sejumlah film yang dipilih akan diputar di festival akhir tahun ini, jika festival dapat dihelat. Festival ini telah menerima banyak kritik dalam beberapa tahun terakhir karena kurangnya keragaman dalam susunannya.

Pilihan tahun ini menampilkan sejumlah rekor sutradara wanita, termasuk film-film dan sineas dari Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Sementara itu, beberapa film yang masuk ke dalam jajaran Cannes 2020 antara lain "Lovers Rock" dan "Mangrove" oleh Steve McQueen, "Druk" (Another Round) karya Thomas Vinterberg, "Aya and the Witch" (Goro Miyazaki - Ghibli Studio) dan "Asa ga Kuru" karya Naomi Kawase.

Daftar lengkap dari film-film yang terpilih dalam Festival Cannes 2020 dapat dilihat di situs resmi www.festival-cannes.com/en.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait