TMII Longgarkan Kapasitas Pengunjung hingga 50 Persen | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

TMII Longgarkan Kapasitas Pengunjung hingga 50 Persen

Ceknricek.com -- Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melonggarkan kapasitas pengunjung hingga 50 persen dari semula 30 persen untuk memberi kesempatan warga Jakarta dan luar kota mengisi hari libur.

"Iya sekarang warga di luar Jakarta, sudah boleh berkunjung ke TMII, serta kapasitas kini kami longgarkan sampai 50 persen dengan protokol kesehatan Covid19 yang ketat tentunya," kata Kepala Seksi InformasiTMII, Mayang, Minggu (23/5/21) dilansir dari Antara.

Seperti diketahui, TMII kembali dibuka untuk umum setelah ditutup sementara pada 16-17 Mei menyusul membludaknya warga untuk mengisi libur lebaran.

Menurut Mayang saat ini kapasitas maksimal TMII sebanyak 30 ribu orang, jika lebih dari jumlah itu maka gerbang akan ditutup, namun sejauh ini jumlah kunjungan tidak seramai saat libur lebaran.

Pantauan Antara di lokasi, suasana TMII kini lebih sepi dibanding saat libur lebaran, di depan area pintu masuk juga terlihat lengang, hanya ada beberapa motor dan mobil yang tengah mengantre tiket.

"Sampai dengan jam 10 tadi baru ada 5.000 an pengunjung yang memasuki TMII," ujar Mayang.

Mayang juga mengatakan bahwa pengunjung rata-rata saat "weekday" kurang dari 10.000 orang, sedangkan "weekend" sebelum lebaran mencapai angka 10.000 orang atau lebih.

Berkurangnya pengunjung juga berpengaruh terhadap pedagang yang biasa mangkal di dalam TMII, seperti Edi, seorang pedagang mainan anak yang ditemui tengah menunggu pembeli di Tugu Api Pancasila TMII.

Penjualan sepi, sekarang omzet menurun drastis kalau dulu sebelum pandemi di hari libur lebaran ini paling sedikit itu Rp1 juta, kalau sekarang ini paling seratus sampai lima ratus ribu saja," ujar Edi.

Edi menuturkan TMII ditutup saat pengunjung yang datang ramai pada puncak libur lebaran.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke TMII dapat membeli tiket dengan dua cara yakni secara daring dengan mengunjungi situs ticket.tamanmini.com atau bisa juga memesan langsung di loket.



Berita Terkait