Trump Konsumsi Obat Malaria Hidroklorokuin untuk Cegah Infeksi Virus Corona | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Trump Konsumsi Obat Malaria Hidroklorokuin untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Ceknricek.com -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa dia mengonsumsi hydroklorokuin agar tidak terinfeksi virus corona, meski belum ada bukti obat itu aman.

“Saya mengonsumsinya selama satu setengah minggu sekarang dan saya masih di sini, saya masih di sini,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada Senin (18/5/2020) sebagaimana dilansir BBCHydroklorokuin adalah obat yang digunakan untuk merawat pasien malaria dan lupus. Namun, sejauh ini ahli kesehatan belum menyetujui obat itu sebagai pengobatan untuk Covid-19, meski ada uji coba medis yang sedang berlangsung.

Baca Juga :Warga Positif Corona Ikut Kebaktian Gereja AS, 180 Orang Berpotensi Tertular

"Anda akan terkejut melihat berapa banyak orang yang mengonsumsinya (hydroklorokuin), terutama pekerja garis depan sebelum Anda terinfeksi,” kata Trump.

Saat ditanya mengenai bukti bahwa hydroklorokuin memiliki manfaat yang baik, Trump mengatakan bahwa dia telah membuktikan manfaat itu sendiri. Trump juga mengatakan bahwa dokter Gedung Putih telah mengizinkannya untuk mengonsumsi obat itu setelah dia memintanya. Dia menambahkan bahwa dia telah mengonsumsi suplemen zinc harian dan menerima azithromycin dosis tunggal, antibiotik yang dimaksudkan untuk mencegah infeksi.

Baca Juga :Akibat Pandemi Covid-19, Musim Pendakian Gunung Fuji Dibatalkan

Bulan lalu Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan penasehat yang mengatakan bahwa hydroklorokuin "belum terbukti aman dan efektif". FDA telah menyetujui obat lain, remdesivir, sebagai pengobatan pasien terinfeksi virus corona. Obat antiviral yang juga digunakan untuk penyakit ebola itu disebut memiliki efek yang dapat mempercepat kesembuhan pasien Covid-19.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

 



Berita Terkait