Viral Video Megawati Meninggal Dunia, Cek Faktanya | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto : Istimewa

Viral Video Megawati Meninggal Dunia, Cek Faktanya

Ceknricek.com--Sejak kemarin beredar sebuah video TikTok yang menarasikan Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri meninggal dunia. Hal itu sontak membuat geger warganet. Apalagi sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan itu diisukan sakit keras, meski kemudian dibantah Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Kabar Megawati meninggal dunia diunggah oleh akun TikTok, @jatim070881. Video itu menunjukkan beberapa cuplikan gambar Megawati yang disertai narasi suara video yang berbunyi PDIP berduka cita atas meninggalnya Ketua Umum PDIP yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri.

Selain itu, ada gambar Henry Yosodiningrat menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Megawati. Namun berdasar penelusuran, ucapan Henry tersebut adalah video lama yang kemudian dipotong. Video asli dari potongan video tersebut merupakan ucapan belasungkawa Henry atas meninggalnya Nazarudin Kiemas, yang merupakan adik dari almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Video asli itu telah diunggah akun Youtube Lintas Parlemen dengan judul Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA dan merupakan video lama yang diunggah pada 5 April 2019.

Unggahan "meninggalnya" Megawati tersebut sudah dibagikan ulang lebih 13,5 ribu kali, disukai lebih 22,3 ribu pengguna, dan lebih dari 4.652 komentar. Unggahan tersebut juga telah dilihat hingga 1,5 juta kali. Melihat potongan video Henry yang merupakan video lama, bisa dipastikan jika isi video tersebut hoaks.

Untuk diketahui, Megawati adalah Presiden RI ke-5 yang menggantikan Gus Dur yang diberhentikan dalam Sidang MPR. Megawati tercatat sebagai presiden wanita pertama di Indonesia. Pemilik nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri ini merupakan putri Presiden RI pertama, Soekarno.

Megawati menjadi ketua umum PDI-P sejak tahun 1999. Isu Megawati sakit memang mengundang perhatian. Pada Jumat (10/9/21), wanita yang kini berusia 74 tahun itu membantah kabar bahwa dirinya sedang dirawat dan kondisi kritis karena stroke. Megawati tampil di depan publik saat membuka sekolah partai  untuk kader madya DPP PDIP secara virtual.

Dia awalnya menyebut harus 'mejeng' sesuai permintaan sang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara  pembukaan itu. Sebab, isu dan hoaks beredar kencang dalam dua hingga tiga hari terakhir, bahwa Megawati sedang kritis serta dirawat di RSPP Jakarta.

"Alhamdulillah saudara-saudara sekalian, anak-anakku, dan termasuk rekan-rekan pers yang juga banyak menanyakan kondisi saya beberapa hari lalu, makanya saya disuruh mejeng, ya beginilah saya. Masih tetap aktif," kata Megawati.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait