Wamenhan Resmi Buka Rapim Kemhan 2020 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Wamenhan Resmi Buka Rapim Kemhan 2020

Ceknricek.com -- Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono resmi membuka rapat pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) di Jakarta, Rabu (22/1).

Dalam sambutannya, Trenggono mengatakan rapim ini merupakan kali pertama di periode kepemimpinan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. "Selain itu poin penting lainnya adalah bahwa program kerja yang disusun harus sinergi dengan tujuan strategis yang tercantum dalam Kebijakan Umum Pertahanan Negara (Jakum Hanneg) tahun 2020-2024," kata Trenggono dalam keterangan tertulis, Rabu (22/1).

Menurut Trenggono, 2020 merupakan tahun krusial ditinjau dalam aspek strategi dan kebijakan pertahanan negara. Ia mengatakan, koordinasi dan sinergitas antar satuan kerja, antar unit organisasi dan antar kementerian/lembaga harus dilakukan secara intens untuk memastikan pertahanan negara selalu dalam kondisi terbaiknya sesuai dengan lingkungan strategis dan analisa ancaman.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Kemhan selalu berupaya untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI dan menunjang kemandirian Industri Pertahanan. "Kebijakan ini diambil sejalan dengan visi Bapak Presiden RI terkait dengan kebijakan pembangunan teknologi dan industri pertahanan," katanya.

Baca Juga: Kemenhan Gelar Rapim Pertama di Bawah Menhan Prabowo Subianto

Rapim Kemhan yang akan berlangsung hingga, Kamis (23/1), itu mengambil tema "Pertahanan Semesta yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI".

Seluruh pejabat eselon I dan Il di lingkungan Kemhan serta pejabat perwakilan dari Mabes TNI, Mabes AD, AU dan AL hadir dalam pembukaan.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Berbeda dengan rapim sebelumnya, kali ini juga dilaksanakan pameran produk Alutsista hasil produksi dari industri dalam negeri, baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Swasta yang tergabung dalam Perkumpulan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas).

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Sementara, Menhan Prabowo diagendakan akan menyampaikan Kebijakan Pertahanan Negara tahun 2020 dan Amanat Anggaran tahun 2020 pada rapim hari kedua Kamis (23/1). Prabowo akan menyampaikan hal itu kepada Kepala Unit Organisasi Kemhan, Mabes TNI termasuk TNI AD, TNI AU dan TNI AL.

Menurut rencana, rapim hari kedua juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kepala Staf tiga angkatan dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait