Foto: Ashar/Ceknricek.com

Wiranto: Pemda Harus Bisa Mandiri Hadapi Karhutla yang Tiap Tahun Terjadi

Ceknricek.com -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap Pemerintah Daerah (Pemda) bisa mandiri dalam menghadapi permasalahan Karhutla yang sama setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Wiranto dalam konferensi pers di Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (18/9). Ia mengatakan pengentasan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah (pemda). Mulai dari tingkat kepala desa, camat, bupati atau wali kota, hingga gubernur.

"Pemerintah pusat hanya berlaku sebagai koordinator. Oleh karena itu, pemda diharapkan bisa mandiri dalam menghadapi permasalahan yang sama setiap tahunnya," katanya.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Kemenkes Sarankan Teknologi Kain Dakron Atasi Masalah Kesehatan Karhutla

Meski begitu, Wiranto menegaskan, pemerintah akan tetap bergerak cepat mengatasi dan menangani karhutla yang masih terus terjadi. "Iya, bergerak cepat. Ini kan masalah darurat, masalah darurat kebakaran," ucapnya.

Wiranto menambahkan, jika hal itu tidak ditangani dengan cepat, maka pemerintah bakal kewalahan dalam mengatasi karhutla.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Kalau tidak ditangani sistematis dan dengan dukungan-dukungan yang memadai, maka tentu kita akan kedodoran," ungkap Wiranto.

Sebagai contoh, dia menegaskan TNI dengan pesawatnya sudah diterjunkan untuk membuat hujan buatan. "Pemerintah sekarang sudah melakukan langkah-langkah luar biasa, yang total yaitu menanggulangi kebakaran ini," kata Wiranto.

BACA JUGA: Cek HUKUM, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait