Foto: Istimewa

Wolftank Bersama YKAN Gelar Kegiatan Mangrove Volunteers Day

Ceknricek.com -- Grup band Wolftank yang personilnya terdiri dari Tyo Nugros (Dewa 19), Ariyo Wahab (The Dance Company), Kin (the Fl), dan Noey (Java Jive) bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggelar acara Mangrove Volunteers Day, yang diselenggarakan di Taman Wisata Angke, Jakarta, Kamis (14/11).

Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan kampanye pelestarian mangrove (bakau) yang juga dilakukan pada 28 Oktober 2019 lalu di Hard Rock Café, lewat ajang bertema “I Like Monday, I Like Nature: Music for Conservation”. 

Dana yang terkumpul dari pertunjukan musik itu diperuntukkan untuk program konservasi dan restorasi ekosistem mangrove di Jakarta. Setiap pembelian satu buah tiket “I Like Monday, I Like Nature: Music for Conservation” menandai satu buah bibit mangrove yang kemudian ditanam bersama-sama di Arboretum, Taman Wisata Angke. 

Penanaman dilakukan di atas guludan yang mampu menampung 50 anakan mangrove yang terdiri dari paling tidak empat spesies yaitu Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Bruguiera gymnorrhiza, dan Avicennia (api-api).

Foto: Istimewa

Baca Juga: Anies Baswedan, Pohon Tabebuya Sudah Berbunga

Rangkaian kegiatan kampanye ini pun menjadi upaya untuk menyadarkan masyarakat luas akan pentingnya ekosistem mangrove bagi kawasan pesisir maupun perkotaan. Sejatinya, setiap individu dapat melakukan perubahan. 

"Dulu, saya termasuk orang yang sering menebang mangrove karena dianggap mengganggu saat memancing. Pada saat itu, saya tidak tahu fungsi mangrove. Dan sekarang, setelah tahu lebih jauh tentang mangrove, saya tergerak untuk ikut ambil aksi dalam kampanye ini. Sekarang adalah saatnya untuk give back to nature,” kata Kin Aulia, gitaris Wolftank.

Begitu juga dengan Ariyo Wahab yang sangat tertarik untuk melakukan aktivitas alam. Menurut Aryo perlu ditanamkan dalam diri sendiri untuk menjaga alam.

"Alam itu kan ciptaan Tuhan, kita harus jaga alam. Manusia bagian dari lingkungan, cuma manusia porsinya dan derajatnya paling banyak jaga bumi ini. Bumi kita cuma satu, tidak ada cadangan," ucap Ariyo. 

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.




Editor: ThomasRizal


Berita Terkait