YouTube Siapkan Aplikasi Shorts Buat Saingi Tiktok | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

YouTube Siapkan Aplikasi Shorts Buat Saingi Tiktok

Ceknricek.com -- Platform video milik Google, Youtube dilaporkan tengah menyiapkan produk untuk menyaingi jejaring sosial berbagi video Tiktok yang bernama Shorts.

Shorts akan memungkinkan pengguna mengunggah video singkat di dalam aplikasi seluler, seperti Tiktok, dan memanfaatkan musik berlisensi yang dimiliki Youtube Music yang dapat digunakan dalam video, dikutip dari The Verge, Kamis, (2/4).

Aplikasi Tiktok menyediakan musik, filter dan lainnya untuk pengguna, kemudian membuat video dengan gerakan dan tarian menggunakan audio tersebut.

Menurut laporan perusahaan analitik aplikasi, App Annie, pada Januari, aplikasi Tiktok tumbuh 125 persen selama dua tahun terakhir. Aplikasi tersebut juga memiliki ratusan juta pengguna.

Baca juga: Manipulasi Platform, Twitter Tangguhkan Puluhan Akun Pro-Bloomberg

Tiktok juga tercatat mengantongi 842 juta unduhan dari Apple App Store dan Google Play Store dalam 12 bulan terakhir, meningkat 15 persen tahun ke tahun.

Ini bukan pertama kalinya Youtube mengembangkan fitur populer milik platform media sosial lain. Youtube telah membawa Stories milik Instagram ke aplikasi Youtube.

Mempertimbangkan basis pengguna yang besar, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, dan mengantongi banyak lisensi musik, tidak mengejutkan bagi Youtube untuk membuat aplikasi pesaing Tiktok.

Sementara itu, Facebook kabarnya juga telah mengembangkan aplikasi pesaing TikTok, bernama Lasso, yang diam-diam telah dilakukan uji coba di Brasil. (Ant)

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait