12 Penulis Raih Penghargaan dari Organisasi SATUPENA | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

12 Penulis Raih Penghargaan dari Organisasi SATUPENA

Ceknricek.com—Acara Rapat Umum Anggota (RUA) SATUPENA berlangsung lancar, Minggu (15/8/21), dengan salah satu agenda pemberian penghargaan terhadap 12 penulis, yang dianggap punya kontribusi penting di bidangnya. Menurut Ketua Umum SATUPENA, Dr. Nasir Tamara, sebelumnya membentuk satu tim untuk menyeleksi penerima penghargaan dengan prosedur tertentu.

Karena satu dan lain hal, tim ini meminta nama mereka tak usah diumumkan agar keputusannya tak diintervensi pihak manapun dan tak ikut dalam kontroversi di seputar itu, sebelum dan setelahnya. Untuk memunculkan 12 nama peraih penghargaan, tim melakukan langkah-langkah:

  1. Melakukan riset secara independen tentang berbagai penulis di berbagai bidang, yang aktif berperan di bidangnya masing- masing. Terutama riset lewat Google search, karena kondisi ditengah pandemik.
  2. Tim menerima dan mencari masukan soal nama calon penerima penghargaan, dan alasan dari berbagai pihak, termasuk dari anggota SATUPENA sendiri.
  3. Tim membuat klasifikasi penghargaan berdasarkan konsistensi dan jangka waktu calon penerima hadiah itu di bidang masing masing.
  4. Tim menetapkan 12 penerima penghargaan di tahun 2021, dalam bidang masing masing.
  5. Direncanakan setiap tahun, SATUPENA memberi penghargaan dengan kriteria yang bisa berbeda.

Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, 12 penerima penghargaan “Indonesian Writers Guild’s Awards” pun ditetapkan, dengan kategori sebagai berikut:
1. Lifetime Achivement Award 2021

Diberikan kepada Denny JA, Ph.D. Hal ini sebagai apresiasi atas dedikasi dan inovasi Denny JA memperkaya dunia penulisan Indonesia selama 40 tahun lebih tanpa henti dalam berbagai genre penulisan.
2. Nonfiction Award 2021

Diberikan kepada Prof Dr. Azyumardi Azra atas dedikasinya untuk  khazanah keilmuan di Indonesia dalam jangka waktu yang panjang.
3.  Nonfiction Award 2021

Diberikan kepada Dr. Nasir Tamara atas dedikasinya memperkaya  khazanah pemikiran di bidang hubungan Internasional yang berdampak luar biasa (revolusi, perang dan pandemi) serta jurnalisme investigatif dan sastra.
4. Nonfiction Award 2021

Diberikan kepada Jaya Suprana atas dedikasi memperkaya pemikiran kebudayaan, kesenian (musik) dan kemanusiaan dengan pendekatan humor yang canggih.

5.Non Fiction Award 2021

Diberikan kepada Chappy Hakim atas dedikasi mengembangkan pemikiran strategis di bidang militer khususnya dirgantara, peradaban serta hubungan yang serasi antar sipil dan militer.
6. Nonfiction Award 2021

Diberikan kepada Nina Akbar Tanjung atas dedikasi memperkaya kebudayaan Indonesia dengan menulis karya-karya bangunan pusaka dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang diterbitkan secara sangat indah.
7. Non Fiction Award 2021

Diberikan kepada Ilham Bintang atas dedikasi  memberikan informasi dengan karya-karya jurnalisme terutama bidang infotainment. 
8. Non Fiction Award 2021

Diberikan kepada Wina Armada atas dedikasi memperkaya pentingnya Ilmu Hukum bidang pers dan media serta kebudayaan dan kesenian secara luas dengan tulisan-tulisan lintas genre.
9. Non Fiction Award

Diberikan kepada Prof Dr. Didin S Damanhuri atas dedikasi mengembangkan  ilmu ekonomi politik yang mempunyai dampak besar dalam pemikiran ekonomi Indonesia.

10.Fiction Award 2021

Diberikan kepada Akmal Nasery Basral atas karya sastra yang dibangun dengan kesadaran sejarah.
11. Fiction Award 2021

Diberikan kepada Artie Ahmad sebagai penulis muda berprestasi dengan karya-karya yang indah namun relevan dengan kehidupan masyarakat dalam bentuk cerita pendek dan novel.
12. Fiction Award 2021

Diberikan kepada  Ir. Fakhrunnas MA Jabbar atas karyanya dalam bentuk puisi yang memperkaya keindahan Bahasa Indonesia yang ditulis  dengan akar tradisi Bahasa Melayu Riau  yang kuat di Indonesia dan Malaysia.

Masing masing penerima penghargaan diberikan sertifikat dan hadiah dana sebesar delapan juta rupiah. Khusus penerima penghargaan utama Lifetime Achievement Award diberikan sertifikat dan hadiah dana sebesar dua belas juta rupiah.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait