20 Kampus Terbaik Indonesia Berdasarkan Popularitas Pencarian Web Versi UniRank | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

20 Kampus Terbaik Indonesia Berdasarkan Popularitas Pencarian Web Versi UniRank

Ceknricek.com -- UniRank, lembaga pemeringkat kampus dunia berdasarkan popularitas web belum lama ini mengumumkan rilisan terbarunya mengenai kampus terbaik berdasarkan popularitas web kampus di tingkat dunia, regional, negara, termasuk Indonesia.

Situs 4ICU UniRank, yakni 4icu.org, mengklaim pengumuman tersebut didasarkan daftar peringkat kampus terbaik berdasarkan metrik web yang valid tidak memihak dan tidak dapat diintervensi oleh universitas.

Khusus wilayah Indonesia, laman 4icu.org menginformasikan terdapat 571 perguruan tinggi yang memenuhi kriteria seleksi situs tersebut berdasarkan popularitasnya masing-masing.

Situs UniRank menyatakan ratusan universitas tersebut telah mendapat akreditasi oleh lembaga resmi di Indonesia. Selain itu mereka mencatat perguruan tinggi tersebut membuka program S1, program pascasarjana tingkat S2 atau S3 (magister atau doktoral).

Kampus-kampus tersebut menurut UniRank juga menyelenggarakan kuliah tatap muka atau format pendidikan tradisional, sebagai metode utama  pembelajaran di ratusan universitas yang masuk dalam kriteria seleksi mereka.

Kampus Terbaik Indonesia Berdasarkan Popularitas Pencarian Web Versi UniRank
Sumber: Istimewa

Berdasarkan data UniRank, atau 2020 Indonesian University Ranking, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama dalam daftar 20 besar untuk wilayah Indonesia pada 2020.

Sementara itu posisi kedua hingga kelima disusul oleh Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (Unbraw).

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik Versi The Center for World University Rankings

Masih dari situs yang sama, untuk tingkat Asia Tenggara, UGM menempati peringkat ketiga universitas terbaik yang berada di bawah perguruan tinggi Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS) yang menduduki puncak ranking pertama.

Kemudian posisi Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat 24 dan Universitas Pendidikan Indonesia berada di posisi 29, mengalahkan Universitas New Delhi, Indian Institute of Technology Kanpur dan Beijing Normal University di China.

Berikut daftar 20 kampus terbaik di Indonesia berdasarkan popularitas web resminya, sesuai dengan data 4ICU University Rankings:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Universitas Indonesia (UI)

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

4. Universitas Diponegoro (Undip)

5. Universitas Brawijaya (Unbraw)

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

7. Universitas Lampung (Unila)

8. Universitas Airlangga (Unair)

9. Institut Pertanian Bogor (IPB)

10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

12. Institut Teknologi Bandung (ITB)

13. Universitas Negeri Malang (UNM)

14. Universitas Sumatera Utara (USU)

15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

16. Universitas Bina Nusantara (Binus)

17. Universitas Telkom (Tel-U)

18. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITSN)

19. Universitas Jember (UNEJ)

20. Universitas Udayana (UNUD)

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait