3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Menu Sarapan | Cek&Ricek
Foto: orogoldschool.com

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Menu Sarapan

Ceknricek.com -- Tidak sarapan dengan alasan sedang menjalani program diet ternyata keliru. Menurut sebuah studi, orang yang rutin sarapan justru cenderung lebih sukses dalam menurunkan berat badan. 

Hanya saja para ahli mengingatkan tiga hal agar sarapan tidak mengacaukan program penurunan berat badan

Protein

Menu sarapan yang dipilih, pertama adalah harus memiliki protein. Telur merupakan salah satu makanan yang berprotein dan mudah untuk dimasak. Satu telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin berenergi sepanjang pagi.  

Telur menghasilkan asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi tubuh. Telur juga mengandung lemak baik, kolin, selenium, biotin, yodium, fosfor, dan vitamin A. Berbagai penelitian menunjukkan peningkatan rasa kenyang, penurunan berat badan serta lemak lebih besar pada orang yang makan telur di pagi hari, bila dibandingkan mereka yang menu sarapannya berlebihan. 

Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat berat badan mengalami kenaikan. Tapi ada juga karbohidrat yang membantu menghilangkan lemak. Karbohidrat baik, juga dikenal sebagai karbohidrat lambat, kaya akan serat sehingga dapat melepaskan energi ke dalam aliran darah secara perlahan dan membantu menghindari lonjakan insulin dan gula darah. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menghindari makan camilan berlebihan.

Baca Juga: Daftar Menu Diet Untuk Mempercepat Turunkan Berat Badan

Pilihlah karbohidrat terbaik saat sarapan untuk menurunkan berat badan. Para ahli menyarankan mengonsumsi oatmeal yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Asalkan, jangan mengacaukan sarapan gandum sehat Anda dengan topping manis-manis yang bisa berubah menjadi lemak. Anda bisa memilih pemanis alami yang terdapat dalam beri, apel, atau pisang.

Atur porsi

Jika Anda sudah memilih menu sarapan dengan tepat, namun bila tidak mengatur porsi tidak akan ada hasilnya. Para ahli mengatakan, meski porsi harus diatur dan dibatasi, tetapi pastikan Anda tetap merasa kenyang saat sarapan, sehingga Anda tidak akan tergoda makan camilan sebelum jam makan siang. Kondisi ini justru yang bisa membuat Anda lebih sulit lagi menjaga berat badan.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait