Foto: rd.com

3 Penyebab Tubuh Terasa Lelah Abis Mudik Lebaran

Ceknricek.com – Menghabiskan waktu libur Lebaran dimanfaatkan banyak orang dengan mudik. Namun, biasanya usai Lebaran akan terasa efek mudik dalam beberapa hari ke depan.

Meskipun Anda sudah memperoleh tidur yang cukup, tapi biasanya rasa lelah atau kantuk membuat tubuh terasa lelah. Lantas apa yang menjadi penyebab yang membuat kondisi tersebut sulit untuk diatasi?

Berikut ini tiga penyebab usai mudik umum terjadi yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pola makan buruk

Saat Lebaran, beragam hidangan lezat yang disajikan membuat Anda sulit untuk tidak menyantapnya. Seperti ketupat, opor ayam, rendang, gulai hingga sambal kentang. Inilah yang tidak disadari oleh Anda, mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak. Kondisi inilah yang dapat membuat Anda merasa letih setelah mudik Lebaran. Pola makan buruk salah satu penyebab tubuh jadi terasa lelah.

Kurang asupan cairan

Karena perjalanan mudik yang panjang Anda sampai lupa untuk mengonsumsi air putih. Inilah masalah yang paling sering terjadi pada tubuh hingga mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan juga dapat membuat kinerja jantung menjadi lebih lambat untuk menyalurkan oksigen, inilah yang membuat Anda merasa letih dan lelah sehabis mudik, meski sudah mendapat tidur yang cukup.

Kadar gula darah tak seimbang

Selain makanan berat, asupan kue kering hingga minuman manis tanpa Anda sadari akan membuat kandungan gula darah jadi berlebih. Hal ini akan menimbulkan efek letih pada tubuh. Baiknya, Anda mulai untuk berolahraga dan cobalah mengontrol kadar gula darah Anda.



Berita Terkait