Bamsoet Usul Taufik Kiemas Jadi Bapak Empat Pilar MPR RI | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Dok.Ceknricek.com

Bamsoet Usul Taufik Kiemas Jadi Bapak Empat Pilar MPR RI

Ceknricek.com -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan pemberian anugerah kepada almarhum Taufik Kiemas sebagai "Bapak Empat Pilar MPR RI". Anugerah tersebut perlu diberikan karena jasa almarhum dalam membangun paradigma kebangsaan, merajut kebersamaan dalam keberagaman, dan menyatukan visi keIndonesiaan, melalui sosialisasi Empat Pilar MPR RI. 

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet dalam sambutannya di acara Riding Kebangsaan dan Grand Final Lomba Empat Pilar MPR RI di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (23/2).

"Terkait dengan sosialisasi Empat Pilar MPR RI, kita tidak boleh melupakan jasa  almarhum Bapak Taufik Kiemas. Karena beliaulah yang memelopori sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilaksanakan sampai sekarang ini. Rasanya sangat tepat jika kita mengenang jasa beliau dengan menganugerahkan gelar Bapak Empat Pilar MPR RI," ujarnya.

Di hadapan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, Bamsoet menuturkan, sewindu yang lalu, tepatnya tanggal 22 Februari 2012, alamarhum Taufik Kiemas menyampaikan gagasan pemikiran Empat Pilar MPR RI melalui peluncuran buku "Empat Pilar untuk Satu Indonesia: Visi Kebangsaan dan Pluralisme Taufiq Kiemas". Pancasila, dalam perspektif almarhum Taufik Kiemas, adalah terjemahan dorongan hati manusia Indonesia ke dalam dimensi sosial-politik. Dalam Pancasila, bangsa Indonesia melihat wajahnya sebagaimana dicita-citakan. 

Bamsoet Usul Taufik Kiemas Jadi Bapak Empat Pilar MPR RI
Sumber: Kompas

"Kini, di saat tantangan zaman terasa semakin kompleks dan laju modernisasi kehidupan terasa kian meminggirkan dan mengancam jati diri ke-Indonesian kita, barulah kita semakin menyadari bahwa nilai-nilai Empat Pilar MPR RI adalah legasi yang sudah sepatutnya dijadikan warisan kebangsaan. Warisan yang mesti kita jaga, rawat, dan dihadirkan dalam setiap ruang publik dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Bamsoet.

Baca juga: Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat

Ia menambahkan,  kepedulian Taufik Kiemas kepada Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sangat luar biasa mengesankan. Untuk Empat Pilar MPR RI tersebut, almarhum Taufiq Kiemas siap melakukan dan berkorban apa saja. 

"Bahkan, disaat kondisi fisik beliau menurun sebelum dipanggil Sang Maha Pencipta, semangat beliau selalu menyala ketika berbicara mengenai Pancasila. Bagi almarhum Pak Taufik Kiemas, Pancasila dan NKRI adalah segala-galanya," urai Bamsoet. 

Karenanya, Bamsoet akan segera menggelar forum rapat pimpinan dan gabungan fraksi-fraksi dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI) di MPR RI. Diharapkan dalam forum rapat tersebut seluruh fraksi MPR RI dan DPD RI menyepakati secara bulat pemberian anugerah kepada almarhum Taufik Kiemas. 

"Saya yakin semua fraksi MPR RI dan DPD RI akan sepakat. Kita harapkan pada sidang Paripurna MPR RI, 16 Agustus 2020 mendatang keputusan itu bisa tercapai secara bulat," paparnya. 

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait