Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Dok.Ceknricek.com

Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat

Ceknricek.com -- Penanaman nilai-nilai Pancasila di semua kelompok masyarakat harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif. Terlebih, saat ini nilai-nilai Pancasila dirasakan mulai redup di kalangan masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah saat membuka Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI yang diadakan Motor Besar Indonesia (MBI) di Gedung MPR RI, Sabtu (22/2).

"Melihat perkembangan saat ini, MPR harus hadir dengan gaya milenial dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Salah satunya dengan membuat lomba cerdas cermat Empat Pilar MPR RI yang melibatkan komunitas motor besar, motor kecil dan ojek online," ujarnya

Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat
Foto: Dok.Ceknricek.com

Basarah menuturkan, sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan melibatkan komunitas motor dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, di dalam komunitas motor sebenarnya tumbuh nilai-nilai yang sarat dengan Pancasila. 

"Dalam komunitas motor banyak nilai-nilai kesetiakawanan sosial, keseimbangan dan gotong royong. Itu semua adalah nilai-nilai Pancasila yang merupakan falsafah bangsa Indonesia," katanya.

Senada dengan Basarah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi para anggota komunitas motor besar dan kecil ikut serta dalam lomba cerdas cermat Empat Pilar MPR RI. Ini membuktikan anak motor yang terkesan 'urakan', namun jika disentuh dengan tepat, nasionalisme dan kepedulian mereka terhadap bangsa tak perlu diragukan. 

Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat
Foto: Dok.Ceknricek.com

"Urakan hanyalah tampak luar, dan bahkan tak lebih dari stereotipe usang yang sebetulnya sudah sejak lama ditanggalkan para bikersBikers masa kini adalah bikers yang cinta terhadap negeri, bikers jaman now adalah bikers yang selalu membuat Indonesia berkilau," tegas Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet Gandeng Komunitas Motor Gelar Riding Kebangsaan dan Lomba 4 Pilar MPR

Bamsoet memandang para bikers tak hanya mengerti tentang gas, rem, kopling dan oli mesin saja. Ternyata mereka tetap mengikuti dan memahami berbagai permasalahan kebangsaan. Terbukti dari berbagai jawaban yang dilontarkan para bikers dalam menjawab pertanyaan pada lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI.

"Diam-diam, rupanya mereka menghanyutkan. Walaupun sebagian besar dari para bikers ini termasuk golongan menengah dan atas, namun rasa peduli mereka terhadap Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika tetap kuat," tandas Bamsoet.

Rangkul Komunitas Motor, MPR Sosialisasikan 4 Pilar Melalui Lomba Cerdas Cermat
Foto: Dok.Ceknricek.com

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menegaskan, dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI dilakukan tanpa memandang status sosial, suku, agama maupun golongan. Para bikers, sebagaimana juga penikmat hobi lainnya seperti sepeda, badminton, maupun sepak bola, merupakan salah satu kelompok yang harus dirangkul guna menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI.  

"MPR RI ingin hadir di setiap lapisan masyarakat, dari mulai kalangan atas, menengah, hingga bawah. Sehingga tidak ada pihak yang ditinggalkan, melainkan seluruh pihak bisa bersinergi saling menguatkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tandas Bamsoet.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait