Buku “Bukan Perawan Maria” Bawa Feby Indirani Mengelilingi Eropa   | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day

Buku “Bukan Perawan Maria” Bawa Feby Indirani Mengelilingi Eropa  

Ceknricek.com -- Penulis muda Feby Indirani, menapaki dunia literasi internasional lewat buku fiksinya “Bukan Perawan Maria”, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Italia Non Ã'mica la vergine Maria oleh penerbit Add Editore. Saat ini, Feby sedang melakukan tur dan menjadi pembicara di berbagai sesi di lima kota di Italia, di London dan Frankfurt Book Fair 2019 yang berlangsung 16-20 Oktober 2019.

Dalam tur bukunya, Feby yang menerima beasiswa chevening dari pemerintah Inggris didampingi editornya dari penerbit Italia Add Editore, Ilaria Benini. Feby juga ditemani penerjemah bukunya Profesor Antonia Soriente.

Di lima kota tersebut, para pembahas buku ini terdiri dari akademisi, penulis, dan jurnalis yang menyatakan antusiasme mereka terhadap buku ini. ”Buku ini sangat lucu, ringan tapi mengungkapkan hal yang tajam dan relevan, dan tidak ada yang stereotip di sini,“ ujar penulis dan akademisi dari Universitas Bologna, Francesco Cattani.

Buku “Bukan Perawan Maria” Bawa Feby Indirani Mengelilingi Eropa  
Sumber: Facebook

Dalam diskusi di lima kota di Italia, Milan, Turin, Bologna, Roma dan Napoli berlangsung sejak 08-14 Oktober lalu Feby berturut-turut melakukan tujuh presentasi di KBRI Roma Italia, Universitas Napoli, festival perempuan penulis, Inquitte dan toko buku.

Melalui cerita-cerita dalam bukunya yang diterbitkan sejak 2017, Feby ingin mengembalikan tradisi Islam yang mempromosikan kasih sayang dan rasa humor, dan bukan Islam yang identik dengan kekerasan dan kemarahan.

Pada kesempatan itu di beberapa tempat di Italia itu, Feby juga turut membacakan salah satu ceritanya yang berjudul The Woman Who Lost Her Face. “Acaranya berlangsung sangat sukses karena diskusinya sangat hidup dan kami mendapat tanggapan yang sangat baik dari hadirin,” ujar Diplomat Inggris, Martin Hattful.

Buku “Bukan Perawan Maria” Bawa Feby Indirani Mengelilingi Eropa  
Sumber: Facebook

Baca Juga: Kumcer "Bukan Perawan Maria" Dirilis Dalam Bahasa Italia

Setelah melakukan tur bukunya di Italia dan London, Feby juga mengisi sejumlah panel di Frankfurt Book Fair 2019. Salah satu sesinya adalah di Frankfurt Paviliun mengenai Perempuan Penulis Asia Pasifik bersama penulis asal Malaysia dan India.

Bukan Perawan Maria menggunakan tema islamisme magis, kisah-kisah dalam buku ini berlatar situasi fantasi yang penuh paradoks dan pertentangan. Misalnya cerita tentang seekor babi yang dipandang haram dalam Islam namun mengajukan permohonannya untuk menjadi Muslim. Ada pula iblis yang ingin pensiun akibat bosan dengan pekerjaannya yang tak lagi menantang.

Buku ini juga memuat ilustrasi cantik karya seniman muda asal Italia, Marie Cecile untuk sampul dan halaman dalam sebagai tafsir dari cerita-cerita Feby. Terbitnya buku ini menambah salah satu jembatan budaya untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Italia.

Buku “Bukan Perawan Maria” Bawa Feby Indirani Mengelilingi Eropa  
Sumber: Facebook

Feby menyatakan dalam seminggu terakhir, mulai banyak pembaca dari Italia yang menyapanya melalui media sosial untuk menyampaikan kesan mereka. Salah satunya adalah Miriana Cioffi, mahasiswa studi master yang juga ikut terlibat di dalam proses penerjemahan.

Terbitnya buku ini sudah diberitakan di majalah Vanity Fair edisi Italia dan juga menjadi salah satu bacaan direkomendasi situs berita terkemuka Wired Italia. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Thomas Rizal


Berita Terkait