Cak Nun Rilis Buku Baru ''Sinau Bareng Markesot'' | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Cak Nun Rilis Buku Baru ''Sinau Bareng Markesot''

Ceknricek.com -- Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) merilis buku terbaru berjudul 'Sinau Bareng Markesot'. Kabar ini diumumkan langsung penerbit Bentang Pustaka.

"Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) seolah tak berhenti menulis. Karya terbarunya kali ini adalah Sinau Bareng Markesot," tulis Bentang Pustaka dikutip laman Instagramnya, Kamis (14/11).

Karya Cak Nun ini diperkirakan menyusul kesuksesan serial sebelumnya 'Markesot Belajar Ngaji dan Siapa Sebenarnya Markesot?'.

Sinau Bareng Markesot mengungkapkan penafsiran ayat Al-Quran yang punya dimensi kontekstual di tiap esai-esai yang ditulisnya. Ada 5 bagian yang terdiri dari 113 esai yang ada di dalam buku.

Cak Nun Rilis Buku Baru ''Sinau Bareng Markesot''
Sumber: Istimewa

Baca Juga: Cak Nun; Kalau Presidennya Beraura Pawang, Indonesia Damai

Tak hanya soal agama, Sinau Bareng Markesot memuat tafsiran Mbah Sot--sapaan akrab Markesot--tokoh sentral dalam buku itu. Yakni tentang kepemimpinan, pendidikan, budaya, Pancasila, dan kemanusiaan.

"Lewat esai pendeknya, para pembaca akan dibuat terpesona oleh gaya kepenulisan Emha yang artikulatif, blak-blakan, dan mudah dimengerti. Seolah, tafsir ayat Al-Quran menjadi begitu menyenangkan tanpa harus repot-repot mengerutkan kening," tambah Bentang Pustaka.

Berbeda dari dua serial Markesot sebelumnya, buku ini fokus pada metode tadabbur. Menurut Emha, tadabbur adalah proses yang sangat berdimensi dengan moral, spiritual, dan melebihi intelektual.

"Tadabur menyaratkan bahwa kesudahannya lebih berkecenderungan terhadap Allah. Misalnya menjadi lebih dekat, lebih beriman, meningkat akhlaqul-karimah-nya, lebih baik hidupnya, lebih saleh perilakunya," kata Nun. 

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait