Cara Lain Bersalaman untuk Menghindari Virus Covid-19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Cara Lain Bersalaman untuk Menghindari Virus Covid-19

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus korona jenis baru atau Covid-19 pada Senin, (2/3).  Kedua warga tersebut adalah warga Depok, Jawa Barat.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO melalui keterangan tertulisnya menyebut virus Covid-19 dapat menular ketika seseorang yang menderita penyakit tersebut batuk atau menghembuskan napas dan mereka melepaskan tetesan cairan yang terinfeksi.

Orang yang sehat bisa juga terinfeksi Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Ahli anestesi asal Amerika Serikat, Jerome Adams menawarkan cara baru menyapa orang lain ketimbang bersalaman, untuk menghindari infeksi virus korona baru atau Covid-19.

Dia menyarankan, saling menyenggolkan atau membenturkan sikut satu sama lain ketimbang bersalaman untuk sementara waktu.

"Kami mendorong masyarakat untuk memikirkan langkah-langkah yang dapat mereka lakukan untuk membatasi penyebaran virus," kata Adams, seperti dilansir New York Post, Senin (2/3)

Baca juga: Pemerintah Jamin Biaya Pelayanan Pasien Covid-19

Dia juga menyarankan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk menghindari penyebaran kuman dan virus melalui jabat tangan.

"Kami mungkin harus memikirkan kembali jabat tangan untuk sementara waktu," kata Adams.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan New South Wales, Brad Hazzard, pernah menyarankan orang untuk saling menepuk punggung ketika saling menyapa, alih-alih berjabatan tangan.

"Pada saat kita mendapati virus yang tampaknya cukup aktif dalam upayanya untuk masuk ke komunitas kita ... masuk akal untuk tidak berjabat tangan," kata dia seperti dilansir ABC.

Menanggapi itu, profesor Raina Macintyre dari Kirby Institute UNSW mengatakan menghindari jabat tangan (sementara ini) masuk akal.

"Hal lain yang bisa dilakukan orang, ketelitian mencuci dan kebersihan tangan. Sebelum Anda makan, cuci tangan dengan benar, dan ketika Anda pulang, cuci tangan," kata dia.

BACA Juga: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait