Dalang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Ilustrasi Majalah Konsultan

Dalang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia

Ceknricek.com -- Kabar duka datana dari dunia pewayangan Tanah Air. Dalang wayang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia pada Jumat (2/7/21) pagi pada usia 72 tahun.

Kabar duka disampaikan Sudjiwo Tedjo melalui akun Twitternya mengabarkan berita ini, Jumat 2 Juli 2021.

“Breaking News: Dalang Senior Ki Manteb Sudarsono wafat,” cuit Sudjiwo Tedjo.

Sudjiwo juga sempat meminta seseorang untuk mengklarifikasi kabar tersebut. Cuitan Sudjiwo ini mendapat balasan dari akun @didiksetywannew. “Leres mbah. Valid kabar dari Mas Medhot,” tulisnya. 

Didik Setyawan, yang dalam bio akunnya menulis sebagai pemain gamelan, juga mengunggah kabar yang sama di akun Twitternya.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, sugeng tindak sang maestro dalang, Husnul Khotimah..Amin YRA," tulisnya disertai foto Ki Manteb Sudarsono. 

Sementara itu, dikutip dari Detik, kabar duka juga disampaikan oleh Sekretaris Paguyuban Dhalang Surakarta (Padhasuka), Ki Sugeng Nugroho.

"Mas Manteb wafat pagi ini. Baru saja saya dikabari oleh Mbak Warti (istri Ki Manteb). Mas Manteb wafat di rumahnya. Ini saya sedang perjalanan ke rumah duka," ujar Ki Sugeng kepada wartawan, Jumat (2/7/21).

Ki Manteb Sudarsono adalah sesepuh dalang gaya Surakarta. Lewat gaya sabetnya yang terkenal dia  mendapat julukan 'dalang setan' karena kepiawaian dan kecepatan memainkan anak wayang, terutama dalam adegan perang.

Berayah seorang, bernama Ki Hardjo Brahim. Ia dilahirkan di Dusun Jatimalang, Kelurahan Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada tanggal 31 Agustus 1948.


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait