Dengki Itu Sikap Iblis | Cek&Ricek
Sumber: Tribun

Dengki Itu Sikap Iblis

Ceknricek.com -- “Sesungguhnya dengki itu memakan habis kebaikan, seperti api melalap habis kayu". (HR. At-Tirmidzi)

Ade Armando menyamakan Anies Rasyid Baswedan dengan badut Joker. Dosen Universitas Indonesia (UI) itu mengirimkan foto Gubernur DKI Jakarta setelah diubah menjadi badut yang mirip Joker dalam akun Facebooknya. Selanjutnya pada foto itu caption: “Gubernur Jahat, Bekas Menteri Pecatan”. 

Joker adalah film cerita psikologis Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Todd Phillips dibintangi oleh Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, dan Frances Conroy. Film tersebut mengisahkan tentang kehidupan badut berusia 40 tahun bernama Arthur Fleck. 

Fleck menderita kelainan otak yang menyebabkan dia tertawa pada waktu yang tidak tepat. Joker merupakan film laga hidup pertama Batman yang penuh kekerasan berdarah, perilaku mengganggu, dan bahasa kasar.

Nah, oleh Ade, Anies digambarkan seperti itu. Anies menyebut tindakan Ade sebagai sikap dengki. Repotnya, sejak zaman Nabi, kedengkian itu sukar dibasmi. "Kedengkian itu enggak ada obatnya. Dari zaman Rasulullah enggak ada obatnya," ucap Anies Baswedan. Pernyataan Anies ini disampaikan setelah mendapat pertanyaan Rahma Sarita dalam channel Youtube realita TV berjudul “Akhirnya Anies Baswedan Jawab Ade Armando!!” yang diposting Minggu (3/10). 

Sumber: Istimewa

Anies menganggap apa yang dilakukan Ade tidak penting. Ia enggak akan mengurusi hal-hal seperti itu. “Enggak penting, enggak usah diurusin. Dan sebetulnya sayang waktu kita ngobrolin urusan yang enggak penting itu," tuturnya.

Ade adalah pendukung fanatik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pilkada 2017 lalu. Tingkah Ade ini sudah barang tentu mengusik pendukung Anies. Fahira Idris salah satunya. Anggota Senator asal DKI Jakarta ini melaporkan Ade ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Sumber: Wartakota

Boleh jadi Ade ingin memancing kemarahan Anies. Sayang, upaya dosen komunikasi UI ini gagal.  "Tidak marah dibilang gubernur jahat?,” tanya Rahma Sarita kepada Anies. 

Baca Juga: Gaduh Dipicu Politikus Dungu

"Enggak. Apalagi kalau itu ungkapan pribadi. Hina menghina itu kalau kita enggak merasa terhormat," jawabnya.

Anies lantas berujar bahwa seseorang yang menghormati diri sendiri pasti tidak akan merendahkan orang lain. "Karena kalau merendahkan orang lain itu sesungguhnya ya, kita tidak menghargai diri sendiri. Kalau kita menghargai diri kita sendiri pasti akan menghargai orang lain. Perhatikan saja," urainya.

Dengki

Lalu, benarkah Ade dengki terhadap Anies? Untuk itu, biar saja Ade sendiri yang menjawabnya. 

Lalu, apakah dengki itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, dengki adalah menaruh perasaan marah (benci, tidak suka) karena iri yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain.

KH Abdullah Gymnastiar pernah mengatakan, secara umum, ada empat hal yang bisa menyebabkan munculnya sifat dengki. Pertama, kebencian dan permusuhan. Sifat ini bisa muncul karena pernah disakiti, difitnah, salah satu haknya dilanggar, atau sebab-sebab lain yang merugikan diri sendiri. 

Kedua, hadirnya naluri untuk selalu lebih dari orang lain. Naluri ini merupakan jalan tol menuju penyakit dengki. Seseorang yang merasa pakaiannya paling bagus misalnya, akan mudah dihinggapi rasa dengki ketika melihat ada orang yang pakaiannya lebih bagus dan lebih mahal daripada yang dipakai dirinya.

Ketiga adalah ambisi kepemimpinan. Obsesi ingin selalu memimpin yang disertai ambisi untuk merebut pucuk pimpinan adalah sarana yang paling rawan munculnya kedengkian. Bahkan bisa menjadi awal hancurnya sebuah negara dan umat. 

Penyebab keempat adalah akhlak yang buruk. Orang yang buruk akhlaknya akan kikir berbuat kebaikan dan tidak suka melihat orang lain mendapatkan kebaikan. Jika melihat sesuatu yang tidak disukainya, ia pasti akan menggerutu dan sibuk menyalahkan.

Pilkada DKI Jakarta sudah lama selesai. Anies adalah gubernur yang sah. Menanam kebencian di dalam hati, enggan untuk move on, tentulah menyiksa diri sendiri. Sikap dengki adalah salah satu kelakuan khas iblis. Iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam karena sangat dengki terhadapnya. Karena itu, barang siapa di antara kita memiliki sifat dengki, maka sungguh kita telah memiliki salah satu sifat iblis itu.

BACA JUGA: Cek Berita BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di sini



Berita Terkait