Detik-detik Kepergian Ashraf Sinclair | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Detik-detik Kepergian Ashraf Sinclair

Ceknricek.com -- Ashraf Sinclair telah tiada. Suami dari artis Bunga Citra Lestari itu mengembuskan napas terakhir di RS MMC Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/2), sekitar pukul 04.00 WIB. Ia wafat dalam usia 40 tahun, meninggalkan seorang istri dan satu anak.

Ashraf tampaknya sudah tiada saat tiba di rumah sakit. Dari laporan anestesi yang jaga di Instalasi Gawat Darurat (IGD) MMC diperoleh informasi, saat datang ia dalam kondisi tidak ada nadi, apnea, bibir sianosis dan pupil midriasis maksimal. Dari sejumlah sumber diperoleh informasi, apnea adalah kondisi berhentinya proses pernapasan dalam waktu singkat, beberapa detik hingga satu atau dua menit, tetapi dapat juga terjadi dalam jangka panjang.

Bibir sianosis diartikan sebagai kondisi warna kebiru-biruan pada kulit dan selaput lendir karena kekurangan oksigen dalam darah. Sianosis umumnya merupakan pertanda dari kondisi yang serius dan butuh penanganan segera.

Detik-detik Kepergian Ashraf Sinclair
Sumber: Istimewa

Tim medis sempat melakukan resusitasi jantung paru (RJP), langkah pertolongan untuk mengembalikan fungsi napas dan atau sirkulasi darah di dalam tubuh yang terhenti. Namun, kondisi di mana refleks cahaya negatif dan yang bersangkutan dinyatakan meninggal. 

Baca juga: Sempat Hidup Susah, Ashraf Sinclair Sukses Berbisnis Sebelum Meninggal Dunia

Mengutip keterangan sang istri, Bunga Citra Lestari, yang berhasil dihimpun ceknricek.com, Ashraf baru kembali dari New York, Senin (17/2), lalu meeting dan crossfit.

Crossfit dikenal sebagai program latihan dengan menggunakan kegiatan sehari-hari (fungsional) yang dilakukan dalam waktu singkat serta intensitas yang tinggi. Selesai itu, Ashraf pulang ke rumah sekitar pukul 21.00 WIB.

Detik-detik Kepergian Ashraf Sinclair
Sumber: Istimewa

BCL tiba di rumah, Selasa (18/2) sekitar pukul 02.00, setelah menjadi juri di program Indonesian Idol yang tayang secara langsung di RCTI. Mereka lalu ngobrol, bercanda dan BCL membuat mie instan. Ashraf bahkan sempat mengganggu dan minta dibagi mie instan saat istrinya makan, sebelum kemudian pergi tidur.

BCL lantas mandi sambil memeriksa email yang berhubungan dengan pekerjaan. BCL mencoba membangunkan suaminya sekitar pukul 03.30 WIB, tapi tak bangun-bangun. Ia malah mendapati tangan Ashraf dingin dan mulut berbusa, sebelum kemudian membawanya ke RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

Namun, jiwa Ashraf tak tertolong. "Selamat pagi Dok. Izin melaporkan kronologis AS (Ashraf Sinclair). Datang ke IGD MMC sudah tidak ada nadi, apnea, bibir sianosis, pupil midriasis maksimal," begitu bunyi laporan tim medis yang jaga di IGD MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait