Dry January. Foto: wellbeinginfo.org

Dry January, Sebuah Kampanye Menurunkan Konsumsi Minuman Beralkohol

Ceknricek.com - Tahun 2018 segera berlalu dan tahun baru 2019 datang menghampiri. Sebagian orang mungkin sedang dan telah memikirkan resolusi hal-hal yang ingin dicapai di tahun yang akan dijalani. Jika Anda merupakan seorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol di tahun 2019 ingin menikmati tidur lebih panjang, uang lebih banyak, dan penurunan berat badan, kampanye berikut layak dicoba.

Para peneliti dari Universitas Sussex, Britania Raya mengungkap cara mendapatkan itu semua bagi para penikmat alkohol. Mereka menyebutnya dengan kampanye Dry January (Januari Kering), yaitu tidak mengonsumsi alkohol sebulan penuh. Hasilnya terbukti membantu orang-orang mengendalikan keinginan untuk minum alkoholm lebih banyak energi, berhasil menurunkan berat badan, hingga perbaikan kualitas kulit. Para peserta kampanye tersebut juga melaporkan bahwa selama beberapa bulan setelah Januari, konsumsi alkohol mereka berkurang.

Dilansir dari IFL Science, para peneliti mempelajari efek kampanye Dry January dalam jangka pendek dan panjang terhadap peserta. Kampanye pada Januari 2018 diikuti oleh lebih dari 800 orang. Peneliti menganalisis 3.000 lebih data survei orang yang berpartisipasi minimal 1 dari 3 survei pada setahun berjalan. Hasilnya, mereka mendapati bahwa peserta mengalami penurunan rata-rata hari minum alkohol dari 4,3 menjadi 3,3 per pekan. Selain itu, jumlah alkohol yang dikonsumsi pun berkurang dari rata-rata 8.6 menjadi 7.1 unit. Secara rata-rata, frekuensi mabuk juga turun dari 3.4 menjadi 2.1 per bulan.

Salah seorang peneliti, Richard de Viesser mengatakan bahwa tindakan sederhana tidak mengonsumsi alkohol selama sebulan membantu mengurangi konsumsi alkohol dalam jangka panjang.

“Ada manfaat langsung yang cukup besar, 9 dari 10 orang menghemat uang, 7 dari 10 merasakan tidur lebih baik, dan 3 dari 5 orang berhasil menurunkan berat badan,” ungkap Richard, Jumat (28/12), Seperti dikutip laman resmi Universitas Sussex.

Ia juga mengatakan ada peserta yang tidak berhasil bebas alkohol sebulan penuh. Namun, mereka tetap mengalami sedikit perubahan dalam jumlah konsumsi alkohol.

“Ini menunjukkan bahwa ada manfaat nyata hanya dengan mencoba menyelesaikan Dry January,”

imbuhnya.

Lebih lanjut, Jurnalis Britania Raya, Anna Ford menuliskan hasil riset terhadap peserta Dry January 2018 adalah sebagai berikut:

93% peserta merasakan Dry January sebagai sebuah pencapaian.

88% peserta berhasil menghemat uang.

80% peserta merasa dapat mengontrol keinginan minum alkohol.

71% peserta menyadari bahwa mereka tidak perlu minum alkohol untuk bersenang-senang.

71% peserta dapat tidur lebih nyenyak.

70% peserta merasa kesehatannya meningkat.

67% peserta merasakan tubuh lebih berenergi

58% peserta berhasil menurunkan berat badan

57% peserta dapat berkonsentrasi lebih baik

54% peserta mendapati kulitnya lebih sehat

“Sederhananya, Dry January bisa mengubah hidup. Kami mendengar setiap hari dari orang-orang yang turut serta Dry Januari merasa lebih sehat dan lebih bahagia sebagai hasilnya, ”kata Richard Piper, CEO program kesadaran Alcohol Change UK.

Secara global, sekitar 5.9 persen kematian disebabkan oleh konsumsi alkohol. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengurangi konsumsi alkohol di tahun 2019, kampanye Dry January mungkin dapat menjadi solusi untuk resolusi tahun baru Anda.