Fitur ‘Hum to Search’ Cara Cari Lagu dengan Bersenandung di Google Asistant | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Fitur ‘Hum to Search’ Cara Cari Lagu dengan Bersenandung di Google Asistant

Ceknricek.com -- Google baru-baru ini baru saja menambah fitur di Google Asistant bernama “Hum to Search” untuk mencari lagu dengan cara bersenandung. Fitur ini dapat mengenali sumber suara, termasuk nyanyian manusia, senandung, siulan dan rekaman di studio.

"Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna," kata Manajer Produk Senior Google Search, Krishna Kumar, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu, (21/10/20).

Untuk memanfaatkan fitur tersebut pengguna bisa membuka aplikasi Google Search kemudian mengetuk ikon mikrofon di bar pencarian. Setelah itu, ucapkan "what is this song" atau ketuk "search for a song".

Selain itu, pengguna bisa juga mencari lagu dengan cara bersenandung seperti "lalala" atau "dududu" selama 10 hingga 15 detik hingga algoritma machine learning Google memperhitungkan komponen pendukung, seperti instrumen musik, nada dan warna nada.

Ketika Search mendengar senandung, model machine learning akan mengubah audio menjadi rangkaian (sequence) angka yang mewakili melodi lagu tersebut.

Dilansir dari The Verge, fitur ‘Hum To search’ saat ini baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk sistem operasi iOS dan 20 di Android. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan menggunakan Google Search dan Google Assistant versi terbaru.

Baca juga: Driving Mode di Google Asistant Bakal Diluncurkan di Android



Berita Terkait