Fosil Megaraptor Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Fosil Megaraptor Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Ceknricek.com -- Ahli paleontologi dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Argentina pada Senin, (18/5) mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan fosil megaraptor berusia 70 juta tahun, menjadikannya salah satu dinosaurus karnivora terakhir yang menghuni bumi.

Penemuan itu dilakukan di Provinsi selatan Santa Cruz pada pertengahan Maret tahun ini. Setelah mempelajari fosil, yang berukuran 10 meter, para ahli menyadari bahwa mereka sedang mengamati fosil dinosaurus predator dari akhir "zaman dinosaurus".

Baca juga: Ilmuwan China Temukan Fosil Tanaman Rumput Laut Berusia 1 Miliar Tahun

"Ini adalah peristiwa, 65 juta tahun yang lalu, ketika kepunahan terjadi, dan megaraptor baru ini, yang kami harus pelajari akan menjadi salah satu wakil terakhir dari kelompok ini," kata Fernando Novas, paleontologi yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, kepada Reuters.

Berbeda dengan Tiranosaurus, megaraptor lebih ramping dan dibuat untuk kecepatan, dengan ekor panjang yang memungkinkan mereka menjaga keseimbangan. Mereka mempunyai kaki yang berotot namun memanjang untuk melangkah lebih jauh, menurut spesialis tersebut.

"Karakteristik utama dari megaraptor adalah bahwa mereka memilik lengan yang sangat panjang dan ujung ibu jari mereka memiliki cakar sekitar 40 sentimeter," yang memungkinkan mereka untuk menangkap mangsa," katanya.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait