Gobel: Lingkungan Hidup dan Budaya Sebagai Kekuatan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Gobel: Lingkungan Hidup dan Budaya Sebagai Kekuatan

Ceknricek.com -- Wakil Ketua DPR RI berpesan agar kepala daerah menjadikan lingkungan hidup dan kebudayaan sebagai modal terpenting dalam pembangunan. "Jadikan itu sebagai nilai-nilai keunggulan," katanya, Jumat, (4/6/21).

Hal itu ia sampaikan di hadapan Bupati dan Wakil Bupati serta jajarannya di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara. Gobel melakukan kunjungan kerja ke Boltim dan Kotamobagu. Dalam kunjungan ini ia melihat potensi ekonomi dan budaya di kawasan Bolaang Mongondow Raya.

"Jangan terlalu mudah menggaruk bumi yang akhirnya merusak alam," kata wakil rakyat dari Partai Nasdem ini. Bupati dan Wakil Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo, baru terpilih dalam pilkada pada Desember 2020. Sachrul berasal dari Partai Nasdem, demikian juga Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, berasal dari Nasdem.

Sumber: Istimewa

Sachrul memaparkan potensi ekonomi Boltim yang memiliki 11 danau, pulau-pulau indah, spot-spot diving dengan kekayaan terumbu karang dan ikannya yang indah. Selain memiliki pantai, Boltim juga merupakan daerah dataran tinggi dengan pertanian yang subur seperti kentang, wortel, daun bawang, dan lain-lain. Kopi di kawasan Bolaang Mongondow juga sudah terkenal sejak zaman Belanda. Boltim juga memiliki tambang emas yang ada sejak era kolonial Belanda.

Dalam kesempatan itu Gobel memberikan suvenir beras Jepang. Beras itu dikemas dengan apik. Beras seberat 5 kg itu dibungkus kertas yang indah, lalu diselimuti kain yang cantik, terakhir dimasukkan dalam kotak kayu ringan yang tipis dan halus. "Di Jepang, petani sangat dihormati. Beras menjadi suvenir dalam selebrasi sehingga berharga sangat mahal," katanya. Beras 5 kg tersebut berharga Rp 400 ribu.

Sumber: Istimewa

"Jadi kita harus pelan-pelan menghapus image beras murah yang tidak menghargai petani. Padukan semua itu dengan nilai-nilai budaya luhur," katanya.

Boltim dianugerahi alam yang indah dan tanah yang subur. "Ini harus dijaga," kata Gobel. Pengusaha nasional ini juga berkesempatan menikmati kopi di pinggir Danau Tondok di sore hari. Danau mata air ini tetap alami dan dikemas dengan baik. Sebelumnya ia juga diajak menikmati Danau Mooat, yang lebih besar. Boltim juga memiliki laguna, danau di dekat laut.



Berita Terkait