Google Hentikan Program Wi-Fi Gratis, Google Station di India | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Google Hentikan Program Wi-Fi Gratis, Google Station di India

Ceknricek.com -- Google berencana menghentikan program Google Station, sebuah program yang menghadirkan wi-fi gratis di lebih dari 400 stasiun kereta api di India dan “ribuan” tempat umum lainnya di sejumlah tempat di dunia.

VP of Payments and Next Billion Users Google, Caesar Sengupta, mengatakan program yang diluncurkan pada 2015 itu membantu jutaan pengguna menjelajahi internet dan tidak khawatir tentang jumlah data yang mereka konsumsi.

“Namun, karena harga data seluler menjadi semakin murah di berbagai negara, termasuk India, Google Station tidak lagi diperlukan. Google berencana untuk menghentikan program tersebut tahun ini,” kata Sengupta melansir Techcrunch, Selasa (18/2).

Selain itu, Sengupta menuturkan sulit bagi Google untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan skala program, yang dalam beberapa tahun terakhir diperluas ke sejumlah negara, yakni Indonesia, Meksiko, Thailand, Nigeria, Filipina, Brasil dan Vietnam.

Baca juga: Google Sebut Teknologi AI Dapat Digunakan untuk Deteksi Kanker Payudara

“Selama bertahun-tahun, Google juga mencari cara untuk menghasilkan uang dari program Google Station. Google, misalnya, mulai menampilkan iklan ketika pengguna masuk untuk terhubung ke layanan internetnya,” ungkapnya. Sebelumnya, Google telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk memungkinkan wi-fi gratis bagi pengguna di tempat umum. Di India, misalnya, Google telah membangun perangkat lunak, sementara RailTel, penyedia infrastruktur telekomunikasi milik negara, memberikan saluran internet gratis.

RailTel sendiri telah menghadirkan wi-fi di lebih dari 5.600 stasiun kereta api dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan perangkat lunaknya sendiri. “Kami bekerja dengan mitra kami untuk mentransmisikan situs yang ada sehingga mereka dapat tetap menjadi sumber daya yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sengupta.

Sementara itu, RailTel akan terus melayani wi-fi gratis di semua stasiun kereta api yang menikmati layanan Google Station. "Kami dengan tulus menghargai dukungan yang kami terima dari Google dalam perjalanan ini," juru bicara RailTel menambahkan.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait