Hakordia 2019, Sejumlah Lembaga Negara dan Provinsi Raih Penghargaan KPK | Cek&Ricek
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Hakordia 2019, Sejumlah Lembaga Negara dan Provinsi Raih Penghargaan KPK

Ceknricek.com -- Sejumlah Lembaga negara dan provinsi meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangkaian  Peringatan Hari Antikorupsi Dunia (Hakordia) 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (9/12).

Gubernur Banten Wahidin Halim menerima penghargaan dalam kategori Pemerintah Provinsi atas capaian implementasi pencegahan korupsi. Sementara itu, Menkeu Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai instansi dengan Penerapan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Terbaik 2019 untuk kategori Eksekutif Pusat.

Penghargaan yang diterima oleh Gubernur Banten merupakan yang pertama kali diraih sejak Provinsi Banten terbentuk. Diraihnya penghargaan ini turut menunjukkan upaya dan kerja keras Pemprov Banten dalam mencapai tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain Provinsi Banten, Capaian Implementasi Pencegahan Korupsi Tingkat Daerah kategori provinsi juga diraih oleh Jawa Tengah dan Kalimantan Tengah. Penilaian dilihat berbagai kategori diantaranya, perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, dan manajemen aset daerah, serta pembinaan dan tata kelola pemerintahan yang bersih kepada seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di wilayahnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Ajak Semua Lembaga Lawan Korupsi Bersama

KPK juga memberikan penghargaan Penerapan LHKPN Terbaik 2019 kepada instansi lain yang masuk dalam Kategori Eksekutif Pusat yaitu Kementerian Sumber Daya Energi dan Mineral serta Kementerian Pertanian.

Untuk kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penghargaan diraih oleh PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk., PT Bio Farma, dan Perum Damri.

Sementara kategori Badan Usaha Milik Daerah penghargaan diberikan kepada PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo serta PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah.

Kategori Eksekutif Daerah Tingkat I diraih Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan Eksekutif Daerah Tingkat II diraih oleh Kota Batam, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Karawang.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait