Foto: Antara

Hari Ke-7 SEA Games, Indonesia Sukses Lampaui Target Medali Emas

Ceknricek.com -- Kontingen Indonesia sukses menambah 10 medali emas, 8 perak dan 11 perunggu pada hari ketujuh penyelenggaraan SEA Games Filipina 2019. Hingga Sabtu (7/12) Indonesia total sudah mengoleksi 50 emas, 49 perak dan 58 perunggu.

Torehan emas yang diraih tim Merah Putih sudah melampaui target yang ditetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yakni 45 emas. Indonesia tinggal membutuhkan 10 medali emas lagi untuk melampaui harapan Presiden Joko Widodo untuk meraih 60 emas.

Di hari ketujuh penyelenggaraan, 10 tambahan emas didapat dari cabang olahraga Dayung nomor pasangan putra oleh Ferdiansyah/Denri Al Ghiffari, cabang Tenis nomor ganda putri oleh Beatrice Gumulya/Jessy Rompies dan nomor ganda campuran oleh Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi.

Hari Ke-7 SEA Games, Indonesia Sukses Lampaui Target Medali Emas
Sumber: Antara

"Tim SEA Games saat ini lebih solid dari sebelumnya. Ini menjadi salah satu tim tenis terbaik sepanjang saya mengikuti SEA Games," kata Christo yang meraih lima medali emas sejak SEA Games 2011, seperti dilansir Antara.

Tambahan emas juga didapat dari cabang karate nomor individual kata putra dan putri oleh Ahmad Yuda dan Krisda Aprilia, cabang skateboard nomor street putra, serta modern pentathlon nomor estafet Beach Triathle campuran oleh Dea Putri Salsabila dan Frada Harahap Saleh.

"Sebenarnya hari ini luar biasanya Sanggoe bisa bermain dengan cukup tenang dan tidak terburu-buru meskipun lawannya memang berat. Untungnya Sanggoe dari awal sudah punya nilai yang baik," kata pelatih timnas skateboard, Jo Jaya Charles Kusuma di Tagaytay City Extreme Sports Complex, Sabtu malam.

Hari Ke-7 SEA Games, Indonesia Sukses Lampaui Target Medali Emas
Sumber: Antara

Tiga emas lainnya diraih dari cabang renang nomor 50 meter gaya punggung oleh I Gede Siman Sudartawa, cabang atletik nomor lompat jauh oleh Sapwaturrahman dan perahu naga nomor 12 seater 200 meter putra. Bagi Siman sendiri, keberhasilannya meraih emas sekaligus mencatatkan rekor SEA Games dengan torehan waktu 25,12 detik.

Baca Juga: Hari Keenam, Indonesia Masuk 2 Besar Klasemen SEA Games 2019

"Ini berkat dukungan tim pelatih, manajer, masseur, sehingga bisa pecahkan rekor. Memang targetnya di 50 m karena singkatnya persiapan jadi targetnya di-sprinter ini dan bisa meraih emas," kata Siman usai lomba di New Clark City Aquatic Arena.

Hari Ke-7 SEA Games, Indonesia Sukses Lampaui Target Medali Emas
Sumber: Antara

Dengan torehan 50 medali emas, 49 perak dan 58 perunggu Indonesia mantap di posisi kedua klasemen perolehan medali sementara, di bawah tuan rumah Filipina yang mengoleksi 89 emas, 67 perak dan 65 perunggu. Di posisi ketiga ada Vietnam yang mengoleksi 45 emas, 50 perak dan 64 perunggu.

Hari Ke-7 SEA Games, Indonesia Sukses Lampaui Target Medali Emas
Sumber: Antara

Sementara Thailand melonjak ke posisi empat setelah sehari sebelumnya hanya berada di posisi keenam, dengan torehan 41 emas, 55 perak dan 60 perunggu. Di bawahnya ada Singapura dengan torehan 37 emas, 30 perak dan 41 perunggu diikuti Malaysia dengan 36 emas, 28 perak dan 42 perunggu.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait