Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antara

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5

Ceknricek.com -- Pesta Olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games Filipina 2019 telah memasuki hari keempat, Rabu (4/12). Kontingen Indonesia total telah meraih 17 emas 27 perak dan 29 perunggu. Indonesia kini berada di peringkat kelima klasemen perolehan medali sementara.

Pada hari keempat, Indonesia sukses menambah 5 medali emas, 7 perak dan 11 perunggu. 2 emas diraih dari cabang olahraga bowling lewat nomor ganda putra dari pasangan Billy Muhammad Islam/Hardy Rachmadian dan ganda putri dari pasangan Tanya Roumimper/Sharon Liman Santoso.

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5
Sumber: Antara

Medali berikutnya datang dari cabang olahraga bulu tangkis, dimana tim beregu putra Indonesia sukses mempertahankan tradisi emas di nomor ini sejak tahun 2007. Di babak final yang diselenggarakan di Muntinlupa Sports Complex, Metro Manila Jonatan Christie dkk. menang 3-1 dari Malaysia.

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5
Sumber: Antara

Baca Juga: Tim Bulutangkis Beregu Putra Jaga Tradisi Emas SEA Games

“Medali emas sesuai target kami untuk mempertahankan gelar di beregu putra. Penampilan atlet-atlet juga cukup baik, hanya Fajar/Rian yang kurang baik performanya,” ujar Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI seperti dilansir Badmintonindonesia.org.

Emas berikutnya datang dari cabang olahraga senam artistik nomor vault putra oleh Agus Prayoko. Atlet asal Kediri berusia 30 tahun itu sukses mengumpulkan poin tertinggi 14.734, lebih tinggi 34 poin dari atlet tuan rumah, Carlos Edriel Yulo dan pesenam Vietnam, Thanh Tung Le.

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5
Sumber: Antara

Nilai plusnya di lompatan pertama, biasanya saya lompatan pertama stepnya lebih besar, hari ini lebih kecil. Insya Allah ini SEA Games terakhir saya," kata Agus seperti dilansir Antara.

Tambahan emas terakhir datang dari dari cabang olahraga angkat besi, dimana lifter berusia 19 tahun Rahmat Erwin Abdullah sukses meraih emas di nomor putra 73 kg, setelah mencatatkan total angkatan 322 kg, snatch 145 kg, serta clean and jerk 177 kg.

"Emas ini saya persembahkan buat keluarga di Makassar, serta orang tua dan tentunya bangsa dan negara dan ke depannya bisa lebih baik lagi," kata Rahmat usai perlombaan yang digelar di Kompleks Olahraga Rizal Memorial itu.

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5
Sumber: Antara

Baca Juga: Raup 6 Emas di Hari Ketiga SEA Games, Indonesia Masuk 4 Besar

Sementara 7 perak diraih oleh Rifda Irfanaluthfi (senam nomor Lantai Putri), Azzahra Permatahani (renang nomor 200m Gaya Campuran Individu Putri), Ratu Indah Nuer (ice skating nomor Trek Pendek 1000m Putri), Steavanus Wihardja (ice skating nomor Trek Pendek 1000m Putra), Rifda Irfhanaluthfi (senam nomor Keseimbangan Beam Putri), Tim Menembak Putri (menembak nomor WA 1500 PPC) dan Pratiwi Kartikasari (menembak nomor WA 1500 PPC Putri).

Adapun 11 perunggu diraih oleh I Gede Siman Sudartawa  (renang nomor 100m Gaya Punggung Putra), Fadlan Aflah Prawira (renang nomor 400m Gaya Bebas Putra), Tim ice skating putra (Ice Skating nomor Reli Trek Pendek 3000m), Tim Hoki Bawah Air Putri, Tim Hoki Bawah Air Putra, Tsabitha Ramadani (angkat Besi nomor 71kg Putri), Tim Campuran Obstacle Course nomor Reli 400M x 12 Obstacle, Tim Campuran Obstacle Course nomor Tim Asis 400m x 12 Obstacle), Mudji Mulyani (Obstacle Course nomor Individu 100m x 10 Obstacle Putra), Lorens Walun/Muhammad U. S (Muaythai nomor Waikru Mai Muaythai Putra), Anggi Novita/Angelina Runtukahu (Muaythai nomor Waikru Mai Muaythai Putri).

Hingga hari keempat, Indonesia berada di peringkat 5 klasemen sementara SEA Games Filipina 2019, sementara peringkat pertama masih diduduki tuan rumah Filipina dengan torehan 56 emas, 41 perak dan 22 perunggu, diikuti Vietnam dengan torehan 27 emas, 32 perak dan 34 perunggu.

Hari Keempat SEA Games 2019, Indonesia Turun ke Peringkat 5
Sumber: Seagames.com

Dua kontingen negara lainnya yang berada di atas Indonesia ialah Malaysia dengan torehan 21 emas, 12 perak dan 22 perunggu, serta Singapura dengan torehan 18 emas, 12 perak dan 20 perunggu. Indonesia berada di peringkat yang lebih baik dari Thailand yang mengoleksi 13 emas, 15 perak dan 22 perunggu.

BACA JUGA: Cek BUKU & LITERATUR, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait