Ilmuwan Inggris Uji Kemampuan Anjing untuk Deteksi Virus Korona | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Ilmuwan Inggris Uji Kemampuan Anjing untuk Deteksi Virus Korona

Ceknricek.com -- Ilmuwan Inggris akan mulai menguji coba kemampuan penciuman anjing untuk mendeteksi orang yang terinfeksi virus korona atau Covid-19 dalam upaya mengembangkan cara cepat dan noninvasif untuk mendeteksi penyakit tersebut.

Pemerintah Inggris mengatakan pada Sabtu, (16/5) bahwa pihaknya akan mendanai 500.000 pound (sekitar Rp9 miliar) untuk penelitian, yang akan dilakukan di London School of Hygiene and Tropical Medicine, Universitas Durham dan badan amal Inggris, Medical Detection Dogs.

"Anjing pendeteksi biologis berhasil menemukan kanker secara spesifik dan kami yakin inovasi ini mungkin memberikan hasil yang cepat sebagai bagian dari strategi uji kami yang lebih luas," kata Menteri Inovasi James Bethell sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Ilmuwan Perancis Uji Teori Penggunaan Nikotin untuk Obati Covid-19

Enam anjing, jenis labrador dan cocker spaniel, akan diberikan sampel bau pasien Covid-19 dari rumah sakit London, dan akan dilatih untuk membedakan bau mereka dari orang yang tidak terinfeksi.

Medical Detection Dogs menyebutkan pihaknya pernah melatih anjing untuk mendeteksi kanker tertentu, penyakit Parkinson dan malaria.

Jika nantinya berhasil, satu anjing akan mampu memeriksa hingga 250 orang dalam satu jam dan akan digunakan di ruang publik serta di bandara.

Para peneliti di Amerika Serikat dan Prancis juga sedang berupaya melatih anjing untuk mendeteksi penyakit tersebut.

Sejumlah kecil anjing juga diketahui telah tertular Covid-19, yang kemungkinan besar dari pemiliknya, menurut dokter hewan di Amerika Serikat, Belanda serta Hong Kong. (Ant)

BACA JUGA: Cek LINGKUNGAN HIDUP, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait